Catatan Energi Jotrii

Pada awalnya, tujuan saya Ngeblog hanya untuk menyimpan data,catatan harian, tugas kuliah dan file file lain yang bisa saya ambil di manapun , kapanpun karena saat itu saya belum punya Laptop. Komputer Kantor dan Warnet jadi Andalan saya untuk kerja.

Sekarang, dari Hobi Ngeblogger ini saya bisa dapat penghasilan tambahan. Alhamdulillah.

Kalo Tulisan Tulisan saya ada yang bermanfaat boleh dipraktikan, dibagikan. Kalo nggak ada skip aja. Simple.

Kritik dan saran Hubungi nomor WA 081138886999

Rabu, 13 Juni 2018

Kolam Ikan #3

Bikin Kolam Ikan #3

Bismillah..
Assalamualaikum wr wb

Halo,
Selamat pagi Teman Teman semua, apa kabar ya?

Semoga semakin kuat sehat bahagia berkelimpahan sejahtera dan mulia ya, Aamiin ya Mujib

Setelah Anda paham apa itu Kolam Ikan alias Membangun Database dan Proses Bikin Kolam Ikan yang disebut Sales Funnel dan Mengetahu Temperature Market, kini kita akan belajar skill wajib bisnis online yakni COPYWRITING

Copywriting adalah teknis menulis yang mempengaruhi pembaca. Fungsiny ada tiga yakni memberi informasi, mengingatkan dan mengajak pembaca untuk bertindak.

Berikut adalah 12 Tips Copywriting yang sangat cukup jadi bekal membangun kolam ikan.

Siap?

Baik,mari kita menambah kosakata lagi tentang SoftSelling,Hard Selling dan Covert Selling

HARDSELLING

Adalah Jualan secara "brutal", dengan kata kata yang apa adanya dibarengi dengan menampilkan harganya langsung dan Call To Action (Perintah Bertindak) untuk membeli

Apakah HARDSELL itu dilarang? tentu tidak tapi ada tempat dan kondisi yang bisa dilakukan jualan menggunakan cara ini

Tempat : di pasar, di marketplace, grup Jual Beli, Lapak Online

Kondisi : kepada orang yang sudah jadi "Hot Market"

SOFTSELLING

Menjual tanpa merasa dijuali, karena ada bagian penawaran yang "membuat orang lain merasa nyaman" sehingga tanpa sadar terpengaruh saat mendengar/ membaca penawarannya sehingga tau tau dia tertarik produknya dan terjadi CLOSING

Apakah SOFTSELL itu akan selalu harus digunakan? Tentu tidak, ada tempat dan kondisinya juga... hehe

Tempat : Bisa di Media Sosial yang orang berkumpul yang TUJUAN ASAL-nya tidak untuk membeli, TAPI untuk bersosialita, di grup grup yang TUJUAN ASAL-nya tidak untuk jual beli TAPI untuk "Sesuai maksud grupnya"

Kondisi : Kepada orang yang masih jadi "Cold market dan Warm Market" tapi belum tentu juga.. hehe

COVERT SELLING

Penjualan Terselubung/ Tersembunyi... dia sebenernya lagi jualan tapi nggak jualan. Harga nggak ada, Apalagi perintah untuk membeli, dan tau tau banyak yang closing

Oke,kita kupas Mendalam Tentang Soft Selling Terlebih dahulu...

Mungkin Anda sudah tahu bahwa Hal Terpenting dalam sebuah bisnis bukan soal modal, tempat usaha atau medianya, melainkan PENAWARAN-nya.

ada produk berkualitas tapi tidak laku saat dijual ataupun kalo laku itu cuma sedikit, malah sebaliknya produk sederhana yang dikemas dengan penawaran yang bagus, hasilnya…. Meledak-ledak penjualannya...

ada produk yang dijual 6rb malah ga ada yang beli, eh begitu dijual 30rb malah laris kaya kacang goreng, lagi2 karna PENAWARANnya.

Jadi, jika ingin produk kita penjulannya laris manis pastikan bikin penawaran semenarik mungkin dari produk yang ingin kita jual.

Pak Tung Desm Waringin berkata : “Buatlah Penawaran yang Menarik sedemikian sehingga orang merasa G*BL*K jika menolak penawaran tersebut” 

Menurut Dewa Selling: "SOFTSELLING terjadi saat ditembusnya faktor kritis dan diterimanya suatu sugesti oleh Bawah Sadar. Sedangkan kondisi Bawah sadar diartikan sebagai prilaku dan kebiasaan yang dijalankan. Jadi, jika suatu copywriting bisa menembus faktor kritis, maka sugestinya akan diterima bawah sadar." 

Berikut ini adalah teknik-teknik SOFT SELLING yang bisa Kita aplikasikan dalam penulisan copywiritng / Penawaran iklan produk kita :

1. EMBEDDED COMMAND

[PRINSIP] Sugesti/ perintah yang ditanam di kalimat yang lebih luas :

√ Agar tidak terdeteksi keberadaannya oleh factor kritis.
√ Agar dikenal bawah sadar, diberi tanda, missal : Bold
√ Sekaligus untuk memfasilitasi pembaca scan.
√ Bisa diletakkan dimana saja dalam kalimat.

CONTOH:

√ Saya tidak tahu bagaimana dengan Anda, tapi customer saya bisa langsung rasakan sangat semangat saat tahu 7 macam benefit produk ini.

√ Saat Anda pilih layanan kami, Anda sedang memanfaatkan hasil pengalaman kami selama 27 tahun di industry ini.

√ Anda bisa telpon bagian order kami sekarang, untuk memiliki bit.ly/kepohijab ini.

√ Kebanyakan pelanggan kami, beli dalam jumlah kodian untuk membuat mereka menghemat puluhan juta rupiah.

√ Sebelum Anda baca sampai selesai, ketahui 15 keuntungan saat Anda miliki produk ini di kantor Anda.

√ Seperti apa asyiknya, saat Anda miliki TV LED 3D yang memiliki layar lengkung dan bisa disesuaikan dengna bentuk ruangan Anda?

2. TRANCE WORDS

[PRINSIP] Kata-kata yang jika diucapkan akan membuat orang light trance, memasuki dunia internal mereka sendiri.

Cocok diletakkan di depan embedded command, untuk menciptakan trance, dan menyembunyikan perintah.

√ Bayangkan
√ Imajinasikan
√ Ingat
√ Andaikan
√ Pura-pura
√ Menggambarkan Seolah-olah
√ Memikirkan
√ Ingin tahu
√ Penasaran

3. CAUSE – EFFECT

Dasar dari hampir seluruh format sugesti, fleksibel di gabungkan pola lain. Kegunaannya untuk mengarahkan suatu sugesti melalui suatu sebab.

Pola Dasar : [Cause] dan / maka sehingga / jadi [Effect].

CONTOH:

√ Karena Anda seorang pecinta kucing, maka membaca info ini akan bermanfaat bagi kesehatan kucing Anda.
√ Saat Anda lanjutkan baca sampai akhir, maka membuat Anda dapat mengerti cara kerja pikiran yang mempermudah Anda membuat iklan.
√ Anda bisa berikan vitamin ini secara rutin, dan anak Anda dengan mudah terhindar dari penyakit flu musiman

NOTE :

√ Cause bisa diisi apa saja, asalkan valid.
√ Kadang kata sambung ‘maka / sehingga / jadi’ tidak dituliskan

CAUSE – EFFECT : VARIAN #1

√ Merupakan varian dari pola dasar, manfaat sama
√ Cocok digabungkan dengan presuposisi jenis 2
√ Pola Dasar A : Sementara [Cause / presuposisi], (maka) [Effect]

CONTOH:

Sementara Anda memahami pentingnya software antivirus ini untuk keamanan computer Anda, maka segera install software ini sebelum akhir tahun akan terhindar dari virus Happy New Year.

CAUSE – EFFECET : VARIAN #2

Merupakan varian dari pola dasar, manfaat sama.

√ Pola Dasar A : Semakin [Cause], (maka) semakin [Effect]
Contoh: Semakin Anda membaca sleuruh list manfaat produk ini, semakin anda tahu betapa untungnya investasi Anda karena miliki produk ini.
√ Pola Dasar B : Semakin [Sugesti], (maka) semakin [Benefit]

Contoh: Semakin cepat Anda lunasi pembayaran semakin cepat manfaat produk ini bisa Anda gunakan.

4. POLA LARANGAN

Gunakan larangan untuk membuat pikiran kritis tak curiga, padahal bawah sadar mematuhinya sebagai perintah.

[POLA]

√ Jangan terlalu cepat [Trance Word][Sugesti]
√ Anda tidak perlu [Trance Word][Sugesti]

CONTOH :

√ Jangan terlalu cepat memutuskan untuk beli produk kami sekarang sebelum Anda baca 10 keunggulan dibandingkan competitor
√ Anda tidak perlau bayangkan seperti apa kelihatannya ketika computer Anda terbebas dari virus selamanya.

5. LOOP & OPEN LOOP

√ Loop alias pola melingkar, artinya 1 kesatuan utuh.
√ Misalnya: 1 kisah adalah 1 loop. 1 kalimat adalah 1 loop.
√ Jika suatu loop tidak diselesaikan, maka disebut open loop (loop yang terbuka).
√ Open Loop mengakibatkan rasa penasaran, ingin tahu, alias ‘kentang’, karena sesuatu yang tidak selesai.
√ Cocok untuk membuat penasaran "apa yang akan terjadi beriikutnya jika saya"
- Memasukkan Nomer Hp
- Memasukkan Email
- dll

CONTOH OPEN LOOP

√ “Di email berikutnya yang kami kirim besok, kami akan memberikan pada Anda 7 tips yang terbukti menurunkan berat badan 10 kg tanpa harus work-out!”
√ “Dapatkan cara menghasilkan 100 like dalam sehari, dengan teknik Zaap yang kami kembangkan.”

6. THE POWER OF QUESTION

Menyembunyikan perintah dalam pertanyaan Ya atau Tidak.

[POLA] —> Apakah Anda bisa [sugesti] …

CONTOH :

Apakah Anda bisa bayangkan betapa asyiknya menguasai pikiran prospek dengan ilmu NLP, karena …

Apakah Anda bisa bayangkan betapa asyiknya bisa bebas makan apapun tanpa takut berat badan bertambah?

7. PERBANDINGAN KRITERIA

√ Pola ini cocok untuk mengantisipasi keberatan
√ Dilakukan dengan mengajak perbandingan “penting”
√ Saat menuliskan ini, kaitkan dengan Value Persona.

[POLA] —> Mana lebih penting untuk Anda : [Alasan] atau [Benefit produk yang sesuai Value Prospek – maksimalkan].

CONTOH:

“Mana lebih penting untuk Anda : menghemat beberapa puluh ribu rupiah, atau kesehatan hewan peliharaan Anda yang tak ternilai saat menemani hari-hari Anda?”

8. QUOTES

√ Merupakan cara memberi saran melalui kalimat orang lain.
√ Cocok dipakai untuk testimonial atau social proof.
√ Pastikan gunakan “tanda kutip” untuk menandai bawah sadar bahwa itu adalah kutipan orang lain yang berbicara, sehingga tidak dikritisi.

[POLA] —> [Nama] mengatakan bahwa : “………….”

9. SIMPLE METAPHOR

√ Metaphor sederhana memudahkan pikiran mendapatkan gambaran riil atas produk Anda’
√ Objek metaphor harus sudah dikenal dan dipahami.

[POLA]
√ [Nama Produk] mirip / bagaikan [Metaphor]
√ [Situasi] mirip / bagaikan [Metaphor]

CONTOH:

“Pelatihan Digital Marketing bersama Denny Santoso ini mirip dengan membangun kerajaan Disneyland Anda sendiri.”

10. PRE FRAME IDENTITY

√ Untuk membujuk suatu tindakan, posisikan seseorang dalam suatu kondisi identity yang dia bangga.
√ Hindari berlebihan.
√ Ini akan memudahkan prospek diikat pada sugesti.

[POLA] —> Dari cara Anda [Tindakan sebelumnya], maka Anda adalah [Identity]. Tidak ada keraguan mengenai itu. Maka [Sugesti].

CONTOH :

Dari cara Anda membaca sampai sejauh ini, maka Anda adalah orang yang amat peduli dengan performa mesin mobil Anda. Tidak ada keraguan mengenai itu. Maka [Sugesti].

11. FUTURE PACE

Membawa orang ke masa depan, untuk melihat konsekuensi positif atau negative atas keputusannya.

[POLA]
√ Mari bayangkan [kurun waktu] dari sekarang, Anda akan [Effect]
√ Anda bisa saja imajinasikan [kurun waktu] dari sekarang, Anda akan [Effect]

CONTOH:

Mari bayangkan 2 tahun dari sekarang, Anda akan melihat bahwa kursi kayu yang Anda beli ini masih awet, bahkan Anda tidak perlu mengecat ulang masih Nampak kilatnya.

12. TIME DISTORTION

Pikiran bawah sadar tidak bisa membedakan imajinasi dan nyata. Arahkan orang membayangkan ke masa depan, untuk membayangkan masa kini. Akibatnya tercipta representasi “sudah dilakukan/ terjadi sesuai jarak waktu masa depan itu. Teknik ini cocok untuk menimbulkan ilusi durasi waktu dan keakraban instan.

[POLA] Bayangkan [kurun waktu] dari sekarang, dan saat Anda menengok kembali ke belakang melihat bahwa hari ini Anda [sugesti], seperti apa rasanya, sekarang?

CONTOH :

Bayangkan 5 tahun dari sekarang kita ketemu lagi, dan Anda menengok kembali kebelakang melihat bahwa hari ini Anda membeli mobil luar biasa ini, seperti apa rasanya, sekarang?

Bagaimana, sederhana bukan?

Saatnya praktik. Jangan banyak mikir ya... he he...

Salam Hangat Penuh Cinta Kasih

@Jotrii

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggakan Pesan, Kritik dan saran ya..