Catatan Energi Jotrii

Pada awalnya, tujuan saya Ngeblog hanya untuk menyimpan data,catatan harian, tugas kuliah dan file file lain yang bisa saya ambil di manapun , kapanpun karena saat itu saya belum punya Laptop. Komputer Kantor dan Warnet jadi Andalan saya untuk kerja.

Sekarang, dari Hobi Ngeblogger ini saya bisa dapat penghasilan tambahan. Alhamdulillah.

Kalo Tulisan Tulisan saya ada yang bermanfaat boleh dipraktikan, dibagikan. Kalo nggak ada skip aja. Simple.

Kritik dan saran Hubungi nomor WA 081138886999

Sabtu, 19 Juni 2010

Dasar Dasar MySQL

Dasar Dasar MySQL

Halo sobat blogger ,beberapa waktu yang lalu saya memuat artikel “Tentang MySQL” definisi dan kegunaan MySQL.Nah,berikut inisesui dengan janji saya , mari ,kita sama – sama belajar mengenal dasar – dasar MySQL.Semoga bermanfaat.

SQL merupakan singkatan dari Structured Query Language. SQL atau juga
sering disebut sebagai query merupakan suatu bahasa (language) yang
digunakan untuk mengakses database.

Ketika kita belajar tentang MySQL,maka kita berhubungan dengan database atau basis data.

Hampir semua software database mengenal atau mengerti SQL. Jadi,
perintah SQL pada semua software database hampir sama.

Dalam SQL Terdapat 3 (tiga) jenis pengelompokan bahasa perintah SQL, yakni :

1. DDL atau Data Definition Language

DDL adalah perintah SQL yang berhubungan dengan pendefinisian suatu
struktur database, dalam hal ini database dan table. Beberapa perintah dasar
yang termasuk DDL ini antara lain :

􀂃 CREATE
􀂃 ALTER
􀂃 RENAME
􀂃 DROP

2. DML atau Data Manipulation Language

Sesuai dengan kepanjangan DML yakni Data Manipulation Languange merupakan perintah SQL yang berhubungan dengan manipulasi atau pengolahan data atau record dalam table,antara lain:

DML antara lain :
􀂃 SELECT
􀂃 INSERT
􀂃 UPDATE
􀂃 DELETE

3. DCL atau Data Control Language

DCL atau Data control Languange adalah perintah SQL yang berhubungan dengan manipulasi user dan hak akses (priviledges). Perintah SQL yang termasuk dalam DCL antara lain :

􀂃 GRANT
􀂃 REVOKE

Nah,sobat blogger, Alhamdulillah kita sudah belajar dan tahu tiga jenis pengelompokan perintah dalam SQL.Berikutnya,saya akan coba menyajikan contoh kasus dari pembelajaran SQL.
Berikan kritik dan saran karena saya sangat membutuhkanya demi kemajuan blog ini yang notabene adalah wadah pembelajaran dan aktifitas kuliah saya di AMIKOM ASM MATARAM.
Semoga Allah swt selalu memudahkan kita dalam segala urusan .Amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggakan Pesan, Kritik dan saran ya..