Catatan Energi Jotrii

Pada awalnya, tujuan saya Ngeblog hanya untuk menyimpan data,catatan harian, tugas kuliah dan file file lain yang bisa saya ambil di manapun , kapanpun karena saat itu saya belum punya Laptop. Komputer Kantor dan Warnet jadi Andalan saya untuk kerja.

Sekarang, dari Hobi Ngeblogger ini saya bisa dapat penghasilan tambahan. Alhamdulillah.

Kalo Tulisan Tulisan saya ada yang bermanfaat boleh dipraktikan, dibagikan. Kalo nggak ada skip aja. Simple.

Kritik dan saran Hubungi nomor WA 081138886999

Kamis, 17 Mei 2018

PO CWNLP #2

PO CWNLP#2

Apa itu Copywriting?

Sederhanya, Copywriting adalah teknik menulis.

Apa itu NLP?

Sederhanya, NLP atau Neuro Linguistic Programming adalah Bahasa Pemograman Bawah Sadar

Jadi,
Copywriting Berbasis NLP adalah Ilmu tentang teknik menulis dengan menggunakan pola pola bahasa hypotic sehingga mudah dipahami dan menggerakan pembaca untuk bertindak karena informasi yang dibaca menembus otak bawah sadar mereka.

Jelas ya?

PO CWNLP #1

PO CWNLP#1

Assalamualaikum wr wb

Bismillah...

Selamat pagi, apa kabar? 

Bahagia rasanya...dan, senang sekali bisa menyapa Anda  di ruang ini....

Selamat datang di Kelas Pesantren Online 21 Hari Jago NLP Copywriting

Semoga Anda semakin semangat,semakin sehat ,bahagia berkelimpahan ,sejahtera dan semakin mulia, aamiin

Baik,

Perkenalkan, nama saya Joko Triyono

Biasa di sapa @Jotrii, dan... Anda bisa berteman dengan saya di Instagram @Jotrii,  serta Chanel Youtube " Energi Jotrii " he he he...

Saya asli Purwokerto, Wong Ngapak. Wong ndeso, yang saat ini berdomisili di Pulau Seribu Masjid. Tepatnya di Kota Mataram, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Ada yang udah pernah liburan ke sini?

Jika belum, agendakan ya.. asyik loh,he he...

Latar belakang saya, pernah bekerja di Sebuah Perusahaan Nasional selama 8 Tahun, 7 Bulan di Wilayah Bali dan Nusa Tenggara.

Sekarang udah berhenti.... Alhamdulillah

Dan, saat ini saya fokus pada Bisnis Online. Lebih tepatnya olah data Metrik

Spesifikasi saya adalah Specialits Content Copywriting Berbasis NLP dan masih setia menggunakan Source Of Traffic alias sumber pengunjung Facebook Ads dan Olah Aset Digital ( Baca : Data)  Email Marketing

Ya, saya tukang jualan online, he he..

Network Buillder, Digital Marketer & NLP

Ngomong ngomong, ini hari pertama puasa dan hari pertama belajar Copywriting NLP

Siap???

TIPS SAHUR AGAR TIDAK MUDAH HAUS


TIPS SAHUR AGAR TIDAK MUDAH HAUS

Bismillah...

Assalamualaikum wr wb

Terkadang kita merasakan haus di kerongkongan saat puasa, padahal pas waktu sahur sebelumnya sudah minum bergalon-galon air he he...

Seakan air minum bergalon-galon yang kalian minum tak ngefek sama sekali, hihihi..

Tetep aja puasa rasanya haus melulu..

Iya khan..?

Ternyata rasa haus saat puasa bukan karena kalian tak minum air, bahkan kalian saat sahur sudah minum bergalon-galon air, sampai perut kalian mules dan kembung.

Lho...? Lalu yang bikin haus saat puasa itu apa dong?..

Jawabnya, hal itu di sebabkan oleh minyak yang melekat di dinding kerongkongan yang berasal dari makanan saat sahur kita.

Minyak tersebutlah yang membuat kerongkongan terasa seperti haus saat puasa.

Nah, tipsnya adalah dengan minum segelas air putih hangat sebagai penutup sahur.
Apapun menu makanan dan minuman kita saat sahur, akhirilah aktifitas sahur Anda dengan minum segelas air hangat.
Air hangat dapat menggelontor zat minyak yang menempel di dinding kerongkongan.
Sisa-sisa minyak itulah yang dapat memicu rasa haus saat berpuasa walaupun sudah bergelas-gelas minum di waktu sahur.

Jadi, jika Anda suka ngopi misalnya, silahkan ngopi terlebih dahulu lalu tutuplah aktifitas sahur Anda dengan air hangat.

Jika Anda bermasalah dengan asam lambung misalnya, silahkan minim K-Liquid Klorofil terlebih dahulu, lalu tutuplah aktfts sahur Anda dengan air hangat

Jika Anda bermasalah dengan bau mulut misalnya, silahkan gosok gigi terlebih dahulu menggunakan bit.ly/pastagigikeluarga setelah santap sahur,kemudian tutuplah aktfts sahur Anda dengan air hangat

Ingat ya, air hangatnya di akhir..

Artinya setelah minum air hangat jangan makan lagi, karena fungsi kalian minum air hangat tadi adalah untuk membersihkan kerongkongan dari minyak makanan sahur.

Rasakan bedanya...

Seharian penuh puasa, kerongkongan Anda akan terasa lega dan tak terasa haus sama sekali.

Puasa lancar, lambung aman, nafas segar....

Insya Allah..

Selamat berpuasa ya
Salam Hangat Penuh Cinta Kasih
@Jotrii

NB :

Hari ini Modul Pertama Pesantren Online 21 Hari Jago NLP Copywriting tanpa ribet tanpa ketemuan, baru aja dimulai. Masih ada kesempatan Anda untuk daftar. Mumpung masih modul pertama.

Silahkan daftar di sini ya bit.ly/copywritingnlp atau klik bit.ly/daftarpesantrenonline

Sampai jumpa dikelas ya

Daftar Menu Ramadhan Bersama K-Link

*_Daftar Menu Sahur dan Buka Puasa, 30 Hari kedepan_*

*Hari ke 1:*
SOD Tea Hangat,  Es Kacang Merah K-Honey, Rawon Daging, Perkedel Kentang, Tumis Kacang Panjang

*Hari ke 2:*
Es Teler Spirulina, Ayam Panggang Bumbu Kecap, Sayur Lodeh, Botok Tempe + teri, Rempeyek Kacang

*Hari ke 3:*
Es Kelapa Muda Spirulina, Balado Ikan, Gulai Nangka, Bihun Goreng Bakso, Bakwan

*Hari ke 4:*
Bubur sumsum K-Seaweed Calcium, Sayur Asem, Ayam Goreng Rempah, Balado Teri Tempe, Kerupuk

*Hari ke 5:*
Es Mutiara Spirulina, Tuna Asam Manis, Cap Cay Kuah, Mie Goreng, Acar Timun

*Hari ke 6:*
Es Jagung Campur K-Honey, Sup Baso Tahu, Ayam Goreng Crispy, Tempe Mendoan, Sambal

*Hari ke 7:*
SOD Tea Hangat,  Kolak Pisang + Ubi, Ayam Gulung Keju, Sup Makaroni, Perkedel Kentang

*Hari ke 8*:
Es Shanghai Spirulina, Sayur Lodeh, Empal Gepuk, Botok Teri

*Hari ke 9:*
SOD Tea hangat,  Kolak tape + Kolang Kaling Spirulina, Udang Goreng Tepung, Soto Sulung, Tempe Goreng Tepung, Sambal

*Hari ke 10*:
Es Klorofil & Spirulina,  Pisang Goreng, Gurame Asam Manis, Cap Cay, Goreng Tahu isi

*Hari ke 11:*
SOD Tea hangat , Kolak Pisang + Nanas, Sup Kombinasi, Krengseng Daging + Paprika, Tempe Goreng Tepung

*Hari ke 12:*
SOD Tea Hangat,  Tape Goreng, Soto Ayam, Ati/Ampela Goreng,  Perkedel Jagung, Sambal

*Hari ke 13:*
Es Dawet Klorofil, Soto Ayam, Balado Telur Puyuh, Perkedel Kentang, Sambal Pencok

*Hari ke 14:*
Es Kopyor Spirulina, Rendang Daging, Sayur Daun Singkong + teri, Rempeyek Udang, Sambal Ijo

*Hari ke 15*:
SOD Tea hangat, 
Bubur Kacang Ijo, Sayur Lodeh, Ayam Bumbu Rujak, Tempe Goreng Tepung

*Hari ke 16:*
Es Alpukat Cooffe Gingseng, Rolade Daging + Sayuran, Tumis Tahu Bihun Rebus

*Hari ke 17*:
Es Gayo Kopi Durian, Tumis Daging Bumbu Rujak, Kangkung cah Tauco, Bakwan

*Hari ke 18:*
Es Buah Spirulina K-Honey, Ayam Kuluyuk, Sup Makaroni, Tumis Labu Siam, Rempeyek Kacang

*Hari ke 19:*
SOD Tea Hangat,  Kolak Biji Salak, Paru Goreng, Gulai Nangka, Perkedel Tahu + Korned, Sambal Terasi

*Hari ke 20:*
Klorofil & Spirulina hangat,  Serabi Bandung, Soto Banjar, Tahu Masak Tauco, Bandeng Goreng, Emping

*Hari ke 21:*
Es Klorofil & Spirulina,  Bubur Ketan Hitam, Kakap Goreng Panir, Sup Sayuran, Perkedel Jagung, Sambal Ebi

*Hari ke 22:*
Kolak Ubi Spirulina, Semur Ati Ampela, Tumis Kangkung, Bakwan, Sayur Sambal Makasar/Sambal Belacan

*Hari ke 23:*
Bubur Sumsum Spirulina K-C Skim Colustrum, Rawon, Oseng Tahu + Telur Puyuh, Kakap Goreng Tepung, Sambal Tempe

*Hari ke 24:*
Bubur Candil Spirulina, Lidah Sapi Saus Putih, Sup Kimlo, Tahu Goreng, Kerupuk Udang

*Hari ke 25:*
Spirulina & K-Honey , Kolak Pisang, Semur Daging, Perkedel Jagung, Tahu Masak Tauco, Sambal Pete

*Hari ke 26*:
Es Cincau Klorofil, Kalio Ayam, Tumis Bayam, Sambal Goreng Kentang + Udang

*Hari ke 27*:
Es Klorofil & K-Spirulina Bubur Candil, Rica-rica Ikan, Tumis Buncis, Tahu Isi, Rempeyek

*Hari ke 28:*
Es Campur Spirulina K-Honey, Sup Kombinasi, Daging Bumbu Bali, Perkedel Jagung + Cincang Ayam

*Hari ke 29:*
Es Klorofil & K-Spirulina,  Pisang Goreng Keju, Sayur Asem Jakarta, Ayam Bakar, Sambal Mangga, Lalapan

*Hari ke 30:*
Es Klorofil & k-Spirulina, Tautan Kue Lapis, Ayam Goreng, Sup Pangsit, Balado Kentang, Tumis Tempe.

Bisa juga setiap persediaan berbuka shaum dengan menu yang lebih sederhana lagi: Klorofil,  Spirulina,  K-Omegasqua , K- Vit C & K-Sauda VCO serta air Zam - zam, K-Honey, kurma ajwa, susu K-C skim Colustrum &/ Susu K-Seaweed Calcium yang dihangatkan.

_Buat para  Ibu.....  biar ga bingung bikin menu.  Mangga... dipersilahkan...🙏😀😁👍_
_Indahnya berbagi_🤣

*_Terima kasih..._*

Senin, 14 Mei 2018

Lingkungan Yang Menciptakan Masa Depan

Lingkungan Yang Menciptakan Masa Depan

Bismillah...

Alhamdulillah,

Malam tadi (13/5), kami makan Bebek Geprek di RM Galih jalan Bandara Lombok

Ya, banyak hal yang jadi bahan obrolan bersama Creator Pahlawan Devisa Negara yang Mencetak Banyak Pengusaha Sukses dari Kalangan TKI Indonesia yang berjuang  di Malaysia,Singapura,Taiwan,Hongkong,India dan Kamboja bersama K-Link, mereka bisa!

Pak Wid, begitu kami menyapa Mantan Paranormal yang tengah menempuh S2 Jurusan HI di KAD Jogja ini.Beliau memang pribadi yang hangat dan humoris.

Strategi memahamkan Pola Pikir Sukses kepada para TKI  yang rata rata rata hanya lulusan SMP dan SMA, sangatlah mujarab. Buktinya, puluhan Crown Ambasador berlatar belakang TKI, sukses luar biasa berkat Bimbingan Pak Wid

Namun, satu hal yang paling menarik adalah tentang "awarnes" .Ya, tingkat kesadaran seseorang tentang dirinya. Dari mana, dan mau kemana nantinya.Memahami diri, seutuhnya sebagai mahluk Tuhan yang Maha Esa. Menyadari adanya energi terbesar yang Allah swt anugrahkan kepada kita.

Rahman dan Rahim. Cinta kasih dan kepedulian yang baik dan benar. Baik dalam niat, cara dan ukuran.

Mengenali diri, artinya mengenali Illahi Rabbi

K-Link adalah bisnis yang berhubungan dengan manusia. Kita musti terus belajar untuk bisa memanusiakan manusia.Bukankah kunci rezeki ada pada kemuliaan orang lain?

Artinya, sikap memuliakan orang lain, menghargai, menghormati, dan berbagai nilai nilai kebaikan lainya, lebih utama untuk dikedepankan

Branding diri Kita dengan sikap, dan pola pikir yang baik dan benar serta kedepankan nilai nilai keIlahian.

Bayangkan, suatu saat, bersama K-Link, Anda akan menjadi pribadi yang berkualitas baik dari segi spiritual, mental, material

Why?  Karena dengan Modul Modul Pendidikan K-System yang menyeluruh, menyiapkan landasan hati, jiwa, pikiran, mental yang kuat untuk siap menerima HAL BESAR, apapun itu......

Semoga, kita semua semakin kuat sehat bahagia berkelimpahan sejahtera dan mulia ya Amiin

@Jotrii

Minggu, 13 Mei 2018

Anatomi Terbaik Instagram Marketing dan 4 Esensinya Yang Wajib Anda Ketahui

Anatomi Terbaik Instagram Marketing dan 4 Esensinya

Bismillah...

Tahun ini, memang saya sedang fokus menambah 2 skill, yakni Youtube dan Instagram, setelah tahun kemarin total totalan di Facebook Ads dan Email Marketing

Kalo saya seh, hidup memang harus punya target nambah skill tiap tahunya. Skill baru bikin lebih percaya diri dan lebih maju. Setuju?

Bagaimana dengan Anda?

Nah, pagi ini sebelum saya berangkat ke Lombok Plaza Hotel, untuk Seminar Bisnis, saya sempetin nulis..Semoga bermanfaat ya...

Dalam bermain instagram marketing, kita sudah mengenal banyak teknik marketing di dalamnya. Dari sekian banyak para marketer yang "bermain" di dalamnya, begitu banyak sekali yang salah kaprah dalam menjalankan teknik marketing ini...

Tidak di pungkiri, sifat ingin segera mendapatkan sebuah hasil instant dari instagram marketing karena tagline "INSTAGRAM ITU GURIH" akhirnya membunuh marketer itu sendiri...

Mari kita bedah..

Masih inget tulisan saya sebelumnya tentang teknik menaikkan follower? Jika belum,silahkan baca pelan pelan di sini https://jotrii.blogspot.co.id/2018/05/6-cara-gratisan-meningkatkan-followers.html?m=1

Dari tulisan itu ada 6 teknik yang saya jelaskan, dan setiap poinnya memiliki nilai sendiri sendiri..

Namun, dengan iming iming followers naik, dengan ekspektasi terlalu tinggi, alih alih optimisme, malah membunuh mereka. Benar sekali, followersnya naik, tapi salah targetnya..

Setidaknya kasus ini saya baru menemukannya dari 3 orang yang curhat sama saya beberapa waktu yang lalu karena tulisan saya di anggapnya menarik dan layak di praktekkan tp dianya sendiri salah dalam menerapkan tekniknya...

Hasilnya? Tentu sudah jelas!
Salah jalan semuanya. Apalah arti followers banyak tapi tdak sesuai dengan target..
Katanya begitu...

Itu hanya 1 dari puluhan bahkan ratusan contoh masalah yang selama ini kita, mungkin termasuk Anda alami dalam memainkan instagram sebagai motor utama untuk promosi produk Anda..

DAN..

Dalam tulisan inilah saya ingin menjelaskan kembali, sedikit nilai nilai penting (esensi) dalam instagram marketing...

Dalam setiap nilai ini, saya menyebutnya adalah ELEMENT..
Pertanyannya, element apa sajakah?

1/ VISUAL ELEMENT HIGH QUALITY
Nah, banyak yang sebenarnya sudah memahami nilai nilai utama dalam instagram itu sendiri, yaitu mengedepankan nilai visualnya. Ini bukan barang baru buat kita sebagai marketer tentunya..

Namun..
Faktanya? Jelas sebaliknya. Banyak yang asal post gambar, bahkan video yang kualitasnya jauh jauh di bawah standar orang untuk menikmatinya...

Tuntutan untuk banyak post, akhirnya harus banyak save content di hape atau laptop. Untuk mensiasatinya akhirnya memperkecil kualitas contentnya. Dan mereka akhirnya lupa, bahwa instagram sebagai platform yang mengutamakan visual content tidak akan pernah peduli dengan jumlah kapasitas memory Anda. Sebaliknya, instagram akan sangat peduli dengan TOP PERFORMA CONTENT VISUAL Anda, apapun lagu dan alasannya..

Nangkep?

2/ THE POWER CAPTION ELEMENT
Caption adalah sesuatu yang menjelaskan akan sesuatu yang kita post di instagram. Namun, tidak serta merta dengan caption juga kita bisa asal membuat caption asal asalan...

Ingat! Anda bisa belajar bikin Caption yang power full dengan cara memahami Ilmu Copywriting di sini bit.ly/copywritingnlp

Gini, caption itu adalah sebuah bentuk terjemahan dari visual content yang Anda post. Misal, post gambar senja di sore hari, apalah arti content visual itu jika caption yang Anda masukkan hanyalah "Senja di sore hari". Mungkin, bagi Anda itu menarik, simple dan bagus. Tapi, masalahnya, penikmat postingan Anda bukan hanya Anda seorang, tapi juga ada pembeli Anda, calon pembeli Anda kan? Pada poin ini sudah jelas, kita juga harus bijak dalam memilih caption yang perannya disini adalah sangat jelas, mengartikan apa yang ada di dalam visual content...

3/ HASHTAGS ELEMENT IS KEY
Iya saya tau, iya saya paham juga bahwa hestek salah satu pemain terpenting dalam marketing di instagram. Begitu pentingnya hestek inilah malah menjadi sebuah blunder banyak marketer yang seakan akan membabi buta bermain hestek tanpa ukuran relevansinya...

Kita ambil contoh langsung ya...

Jualan madu alias K-Honey nya K-Link, hesteknya bola. Cocok? jelas enggak! Ada yang gini? Buanyak!

Jualan baju bola. Komen di akun anonim bola, pakai hestek pilpres. Bagus? Nilai sendiri! Banyak yang gini? Cari aja sendiri, nanti akan tau dimana mereka berada

Jualan kopi, hesteknya kopi, tapi dalam post itu ada 20-30 hestek berbeda. Siapa peduli bro? Gak ada lah!

Contoh contoh di atas adalah hanya beberapa contoh saja dari sekian banyak contoh betapa membabi butanya para pemain instagram memainkan hestek yang relevan untuk marketing instagram itu sendiri

Padahal, jika saja, hestek ini benar benar di manfaatkan dengan baik. Jangankan followers naik, profit naik pun sangat bisa loh .Ngerti??

4/ THE POWER OF COMMUNITY
Tahu maksudnya? Yak benar sekali, KOMUNITAS dalam akun Anda harus aktif sekali. Maksudnya, disini jika nilai akun Anda sendirian maka nilainya akan tetap 1 akun, sebanyak apapun followersnya. Ini akan menjadi beda lagi kasusnya jika akun Anda 1 tapi komunitas Anda aktif yg di dalamnya ada puluhan bahkan ratusan akun yang 1 bidang bisnis..

Paham kan?

Jadi, Maksudnya disini adalah harus ada sebuah lingkaran atau circle akun untuk instagram marketing Anda..

Jika Anda mempunyai akun bola, ya berkumpul lah dengan akun bola lainnya. Dan seterusnya..

Namun....
Dari para instagramer ini ternyata banyak yang salah kaprah memahami nilai ini...

Banyak yang mengira, semakin banyak komunitas maka akunnya akan langsung naik followersnya dan semakin cepat menghasilkannya..

Well, peran komunitas bukan pada poin hasil, tp lebih kepada jembatan untuk kita semakin berkembang di dalam bidang bisnis kita, tidak terkecuali instagram marketing ini..

Jadi, jangan berasumsi lagi bahwa komunitas dalam memberikan hasil untuk marketing instagram yg Anda jalankan, namun komunitas adalah sebagai jembatan terbaik untuk Anda berkembang, lebih khususnya dalam instagram ini sendiri...

Itu tadi adalah 4 poin penting yang harus kita sama sama pahami dalam bermain instagram marketing..

By the way, Anda sudah daftar Pesantren Online 21 Hari Jago NLP Copywriting?

Jika belum, daftar sekarang di sini bit.ly/copywritingnlp atau klik bit.ly/daftarpesantrenonline atau langsung transfer investasi Anda ke rekening BNI 0115441174 an Joko Triyono dan konfirmasi ke nomor WA 081918297674

Sampai jumpa di kelas ya
Semoga bermanfaat

Salam Hangat Penuh Cinta Kasih
@Jotrii

6 Cara Gratisan Meningkatkan Followers Instagram

6 CARA GRATISAN MENINGKATKAN FOLLOWERS INSTAGRAM (TEKNIK LAMA TAPI MASIH WORK)

Bismillah..

Instagram masih sangat gurih? Tentunya!

Dan fakta yang ada sampai saat ini pun beberapa kawan sekaligus saudara dan team saya masih berjualan di instagram juga...

Workshop atau seminar tentang instagram pun masih sangat tinggi permintannya...Kalo Anda ada seputaran Kota Mataram, Insha Allah, kalo Ramadhan pertama jatuh hari Rabu, saya adakan TRAINING ISNTAGRAM GRATIS KHUSUS MEMBER K-LINK JAM 9 PAGI DI STOKIS MATARAM

Kembali ke laptop, he he...

Fakta fakta tentang IG Ini menjadi bukti nyata (meskipun tanpa data he he, Anda bisa cek fakta dan data di internet buaanyyaakk banget), bahwa instagram sangat gurih untuk "BERJUALAN". YAAAAA, meskipun mayoritas dari orang orang ini tidak suka dijualin, tapi suka untuk membeli. Aneh kan? Begitulah manusia, aneh, tapi nyata

Dan..

Faktor banyaknya followers menjadi salah satu faktor dari banyaknya faktor yang membuat jualan kita laris manis di instagram...

Yaaa, meskipun algoritma instagram sering kali berubah. Udah pernah kita bahas.

Menurut saya, ada dua cara untuk mendapatkan followers banyak dan tertarget. Cara pertama ya cara gratisan. Cara kedua ya cara berbayar..

Masalahnya, dua cara ini tidak bisa di anggap mudah, tapi juga tidak susah susah amat, sih..

Ya nggak? Hehe

Di tulisan ini saya mau membahas ttg cara pertama, dimana saya akan membagikan beberapa cara mendapatkan followers instagram dengan cara gratis (organic)...

CARA #1 - SALING MEMPROMOSIKAN DAN SALING MEMBANTU
Well, point pertama ini menurut saya sangatlah penting. Dimana kita bisa meminta bantuan kepada akun lain (yang satu niche) untuk melakukan tagging di caption mereka. Begitu juga sebaliknya, kita melakukan hal yang sama seperti mereka..

Lalu,
Pertanyaan muncul, emang mereka mau bantu? Mau mau saja lah, disini poin tentang sebuah komunitas dan relasi akan sangat mempengaruhi..

Maka dari itu, jangan heran kalau ada akun ttg sepakbola tagging akun sepakbola lainnya. Dan seterusnya begitu...

CARA #2 - EMOJI MEMBERIKAN DAMPAK 50%
Instagram pernah merilis sebuah laporan ttg emoji ini. Dimana engagement seorang audience bisa meningkat hingga 50% karena emoji (di caption atau bio).

Jadi, jangan di anggap remeh "ah emoji doang". Fakta dan datanya sudah ada dari instagram langsung (cari di google pasti ada kok laporannya)...

Nah manfaatkan cara ini ya!

CARA #3 - POST FOTO YANG FAMILIAR DENGAN HABITS DARI AUDIENCE ANDA
Posting foto tidak bisa sembarangan di instagram. Instagram adalah platform yang mengutamakan sebuah tampilan visual. Maka dari itu, tampilan visual yang familiar akan sangat berpengaruh kepada naiknya followers sebuah akun instagram...

Contoh, akun ttg fashion, biasanya lekat dengan perempuan. Perempuan lekat dengan warna pink. Nah, sering seringlah post foto yang banyak warna pink-nya. Get it?

CARA #4 - HESTEK SENJATA MEMATIKAN SEKALIGUS MEMILUKAN
Bahwa hestek menjadi senjata utama dalam instagram marketing itu benar. Tapi bagaimana jika ternyata hestek ini di pakai orang lain dan bagaimana jika content yang di pakai orang lain malah meleset dari target kita? Ini yang saya sebut disini memilukan..

Itulah kenapa, buat hestek yang general, sempit, sangat sempit, suangaaaaaat sempit.

Contoh:
Hestek #1 » Sepakbola
Hestek #2 » SepakbolaIndonesia
Hestek #3 » SepakbolaIndonesiaJakarta
Dan seterusnya..

Kuncinya pada turunan dan similar keywordnya..

CARA #5 - GIVEAWAY EVENTS
Kekuatan memberikan sebuah gratisan memang tidak bsia di pungkiri bisa meningatkan followers sebuah akun..

Contoh, misal anda memberikan sabun klorofil gratis, namun harus like fotonya, harus follow akunnya, dan RE-gram postingannya..

Viral? PASTI!

CARA #6 - SOK BIJAK DENGAN KATA BIJAK
Nah, sekarang waktunya pencitraan deh ya. Jangan munafik, ini memang butuh dan sangat dibutuhkan di dalam instagram marketing..

Jualan? pasti!
Gratisan? udah!

Sekarang waktunya mencari respect seorang followers...
Harapannya? Tentu engagement dan menaikkan rating sebuah akun..

Efeknya? Jelas naiknya followers sebuah akun kan?

Paham?

Semoga bermanfaat ya

Rabu, 09 Mei 2018

Manfaat K-Liquid Klorofil K-Link

Semakin pesatnya kemajuan zaman, bertambah banyak pula masyarakat Indonesia yang sadar akan pentingnya menjaga kesehatan. Sebab, kemajuan teknologi berpengaruh besar terhadap kehidupan manusia. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya gedung-gedung pencakar langit, lahan hijau yang terus digusur untuk mengembangkan prasarana dan banyaknya kendaraan berpolusi yang meningkatkan penyebaran penyakit melalui radikal bebas.

Sebagai langkah pencegahan radikal bebas yang memicu berbagai macam penyakit, ada banyak usaha yang dapat dilakukan untuk mempertahankan kualitas kesehatan supaya tetap sehat. Diantaranya dengan mengonsumsi makanan berwarna hijau yang banyak mengandung klorofil.

Klorofil atau zat hijau telah lama dipercaya memiliki banyak khasiat dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Masyarakat pun sudah banyak yang mengonsumsi klorofil untuk menjaga kesehatan tubuh dari ancaman radikal bebas ini. K-LINK memiliki produk klorofil yang bagus untuk kesehatan tubuh yaitu K-Liquid Chlorophyll.

Salah satu produk suplemen klorofil cair K-LINK ini banyak diminati oleh masyarakat karena mengandung sejuta manfaat yang dapat membantu menghalau virus akibat radikal bebas. Kandungan klorofil pada K-Liquid Chlorophyll bisa menjadi perlindungan terbaik untuk Anda dan keluarga yang sering beraktivitas di luar rumah.

Berikut beberapa fakta tentang klorofil selain kandungan dan manfaatnya yang mungkin belum Anda ketahui, antara lain:

Mampu Mengurangi Risiko ObesitasZat hijau daun ini mempunyai kandungan vitamin dan banyak khasiat yang diperlukan untuk tubuh. Klorofil bermanfaat dalam membantu memperbaiki metabolisme dan mampu mengeluarkan racun-racun dari tubuh. Klorofil juga sangat cocok dikonsumsi untuk seseorang yang sedang menjalankan program diet karena kandungan alaminya mampu menurunkan berat badan. Dengan demikian, mengonsumsi klorofil cair dapat membantu menurunkan risiko buruk obesitas atau kelebihan berat badan.Menjaga KesehatanKaya akan kandungan vitamin, klorofil juga dapat menjaga kesehatan tubuh Anda dari ancaman penyakit kronis. Sebab, zat hijau daun ini mampu menghalau logam yang sudah terakumulasi pada tubuh. Logam tersebut sangat berbahaya karena bisa mengganggu fungsi normal kerja tubuh yang menyebabkan penyakit kronis. Cara kerja klorofil yakni menghancurkan logam berat dan membuangnya menjadi limbah atau kotoran.Meningkatkan Daya Tahan TubuhSalah satu manfaat yang bisa Anda dapatkan saat mengonsumsi klorofil cair dari produk K-LINK yaitu dapat membantu mengurangi risiko kanker karena suplemen ini mampu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit mematikan ini. Klorofil mampu menghalau senyawa penyebab kanker dengan cara memblok dan mengikat molekul penyebab kanker seperti horikarbon aromatik polisklik dan amina heterosklik.Meningkatkan Kesehatan Sistem PencernaanKandungan klorofil juga membantu meningkatkan kesehatan sistem pencernaan karena bisa membantu menghalau pertumbuhan kembali kuman berbahaya yang ada di saluran pencernaan. Kuman tersebut dapat menghambat proses pencernaan pada tubuh dan inilah penyebab sistem pencernaan tidak berfungsi normal.Menjaga Kesehatan GusiKeunggulan klorofil cair lainnya juga bisa menjaga kesehatan gusi Anda. Gusi sehat dapat menurunkan risiko buruk munculnya napas tidak sedap yang membuat Anda merasa tak percaya diri dan orang lain tidak nyaman berada di dekat Anda.

Dengan mengonsumsi klorofil cair seperti K-Liquid Chlorophyll dari K-LINK, akan memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda. Meski dikemas menjadi minuman kesehatan, tidak ada efek samping K-LINK K-Liquid Chlorophyll. Hal ini karena K-Liquid Chlorophyll dibuat dari daun Alfalfa (Medicago sativa) atau “Bapak Segala Tanaman“ dengan bantuan proses ekstraksi modern, sari klorofil diekstrak dari daun Alfalfa sehingga nilai nutrisinya tetap terjaga sangat tinggi.

Beli di sini ya bit.ly/orderklorofil atau hubungi 081337950735

Selasa, 24 April 2018

Pola Bikin Tulisan Yang Menjual Bagian Keempat

Bismillah...

Menulis Penawaran yang Membius   
                

Jika pada matari ke 3 kita sidah sudah belajar tentang frasa-frasa yang bisa di gunakan untuk membuat Headline, Kalimat Pengantar, dan Menyampaikan Detail Manfaat. Maka di materi kali ini Kami akan membahas sisanya.

Melanjutkan dari materi ke 3 dalam Elemen Copywriting, masih ada
(4) Penawaran
(5) Alasan
(6) CTA, dan
(7) NB

Nah, tanpa berlama-lama lagi, kita mulai masuk materi aja yuk. Kalau pakai basa basi, nanti kepanjangan, hehe

Mulai ya. .

PENAWARAN

Penawaran adalah poin penting dalam iklan.
Jika penawarannya kurang kuat, maka biasanya orang tidak akan tergerak untuk membeli.

Ciri-ciri penawaran yang baik adalah penawaran yang mampu membuat Anda sendiri jadi antusias.
Maksudnya, jika Anda adalah calon pembeli, dan Anda di berikan penawaran seperti itu, maka Anda akan tertarik.

Jika Anda menganggap penawarannya biasa-biasa saja, apalagi pembaca iklan Anda, hehe

Jadi, yakinkan diri Anda sendiri, sebelum Anda menjual kepada orang lain.
Karena kata guru Saya, salah satu pengertian dari jualan adalah "Transfer keyakinan"

Semakin yakin penjualnya, biasanya semakin laris produknya

Nah, untuk membantu Anda dalam menulis penawaran yang menarik, Anda bisa gunakan frasa-frasa ini

_- Beruntungnya . . ._
_- Tahukah Anda . . ._
_- Khusus . . ._
_- Itu artinya Anda hemat. . ._
_- Mana yang Anda pilih? . . . . atau . . ._
_- Untuk . . . ini hanya . . ._
_- Tidak hanya itu, . . ._

Contohnya begini

_- Beruntungnya untuk Anda yang memutuskan memiliki produk ini sekarang, Anda akan dapat (beritahu penawarannya)_

_- Tahukah Anda ada penawaran spesial untuk yang transaksi sebelum pukul 21.00 WIB, yaitu (beritahu penawarannya)_

_- Khusus untuk Anda yang mendaftar di minggu ini, Anda akan dapat (beritahu penawarannya)_

_- Itu artinya Anda hemat Rp. 300.000 untuk bisa memiliki produknya sekarang_

_- Untuk memiliki dress cantik ini, hanya senilai (beritahu penawarannya)_

_- Tidak hanya itu, Saya bahkan belum katakan bahwa Anda juga akan dapat (beritahu penawarannya)_

Beberapa tips dalam menulis penawaran yang perlu Anda ketahui

1. Jabarkan nominal
Jika penawaran Anda adalah potongan harga, maka beritahu berapa uang yang bisa di hemat oleh calon pembeli

2. Rincikan Bonusnya
Jangan hanya menyebutkan nama bonusnya, tapi beritahu juga nilai yang dimiliki bonus yang Anda tawarkan. Itu akan membuat penawaran Anda lebih menarik.
Jika bonusnya lebih dari satu, maka tuliskan dalam bentuk poin-poin

3. Buat harganya masuk akal
Pada dasarnya tidak ada harga yang mahal. Yang ada hanya produk yang tidak di jelaskan dengan baik, atau produk yang di tawarkan ke target pasar yang salah.
Karena itu, jika Anda merasa produk Anda memiliki harga yang berbeda di banding produk sejenis, maka Anda perlu menjelaskan kenapa harganya bisa sebesar itu.
Jika penjelasan Anda masuk akal, maka semakin besar kemungkinan pembaca copywriting Anda untuk tergerak membeli.

Setelah penawaran, maka Anda perlu meyakinkan pembaca copywriting Anda.
Kita masuk ke bagian berikutnya

ALASAN

Bagian ini gunanya untuk menjelaskan kenapa produknya harus di beli sekarang bukan nanti-nanti.
Kebanyakan orang tidak mencantumkan ini di iklan mereka.
Padahal, jika tidak dijelaskan alasannya dengan gamblang, maka calon pembeli selalu punya pilihan untuk menunda.

Tunda aja terus, sampai ganti presiden nanti gak juga jadi beli, hehe...

Frasa yang bisa Anda pakai

_- Apa kata mereka yang telah . . ._
_- Tahukah Anda bahwa sebanyak. . ._
_- Untuk membuat Anda lebih yakin, maka Saya akan. . ._
_- Sampai detik ini, saya telah menangani . . ._
_- Sayangnya penawaran ini berlaku sampai . . ._
_- Inilah X alasan kenapa. . ._

Contoh penulisannya

_- Apa kata mereka yang telah terlebih dahulu menjadi mitra kami. (Tuliskan testimoninya)_

_- Tahukah Anda bahwa sebanyak 3173 orang telah terdaftar dalam program ini, itu artinya orang sebanyak itu (tuliskan kalimat untuk mempengaruhi)_

_- Untuk membuat Anda lebih yakin, maka Saya akan berikan garansi, yaitu (tuliskan garansinya)_

_- Sampai detik ini, saya telah menangani lebih dari 1.300 klien dan dari sebanyak itu ada yang bercerita (Tuliskan cerita sukses konsumen sebelumnya)_

_- Sayangnya penawaran ini berlaku sampai hari Rabu saja, setelah itu Diskon dan Bonusnya akan hangus_

_- Inilah 5 alasan kenapa Anda harus memiliki produk ini. (Tulis Alasannya)_

Tips saat Anda menulis alasan

1. Tampilkan testimoni-testimoni terbaik
Jangan cantumkan testimoni asal, tunjukan testimoni yang menunjukan konsumen sebelumnya mendapatkan keuntungan yang sepesifik. Semakin besar dan spesifik manfaat yang di dapatkan konsumen sebelumnya, itu akan meyakinkan pembaca iklan Anda.

2. Sebutkan dengan detail
Jika ingin mencantumkan nilai, sebutkan dengan rinci. Jangan tulis ratusan atau ribuan, karena sekali lagi, spesifik akan menaikan kepercayaan pembaca kepada diri Anda.

3. Jelaskan bahwa Anda bisa di percaya
Tunjukan bahwa Anda adalah orang yang tepat untuk mereka percaya. Ingat, setiap orang cenderung mencari rasa aman. Pembeli takut di tipu dan takut merasa bodoh.

4. Perjelas batasannya
Katakan apa kerugian yang harus mereka tanggung jika menunda mengambil penawaran Anda. Kerugiannya bisa dari segi ekonomis atau psikologis.

Semakin kuat alasan yang Anda jelaskan dalam iklan Anda, maka itu akan membuat iklan Anda menjadi sangat membius. Karena itu jangan lupakan bagian ini.

Nah, setelah alasannya sudah di jabarkan, waktunya membuat pembaca untuk melakukan sesuatu.

CTA

CTA adalah bagian dalam copywriting yang berfungsi untuk mengarahkan pembaca iklan Anda untuk melakukan sesuatu. Kalau tidak ada CTAnya, mungkin itu bukan copywriting tapi cerpen, hehe

Frasa yang umum di gunakan

_- Untuk pemesanan silahkan klik (lampirkan link untuk order)_
_- Agar segera terdaftar, silahkan langsung balas pesan ini dengan (format balasnya)_
_- Jika Anda sudah memutuskan untuk memiliki produk ini, agar tidak kehabisan silahkan hubungi (berikan nomornya)_

Tips dalam menulis CTA

1. Satu Perintah
Dalam satu copywriting, hanya boleh ada satu perintah.
Jangan terlalu banyak arahan, nanti bukannya beli, malah bingung, hehe

2. To the point dan jelas
Kalau minta hubungi, beritahu kemana harus menghubunginya
Jika meminta membalas pesan, harus jelas formatnya
Buat sesimpel mungkin, dan jelas.

Jika CTAnya tidak jelas, maka Copywriting Anda hanya sekedar tulisan yang menarik tanpa berhasil mencetak penjualan.

Dan sekarang bagian terakhir adalah NB

NB

NB adalah catatan di akhir copywriting. Biasanya berisi 1 atau 2 kalimat.
Tujuannya untuk menambah keyakinan pembaca copywriting untuk melakukan sesuatu.

Frasanya seperti ini

_- Oh ya, Saya hampir lupa mengatakan bahwa . . ._
_- Dimana lagi. . ._
_- Saya sudah bilang belum kalau saat ini sudah. . ._
_- Silhakan lihat jam Anda, karena . . _

Contohnya

_- Oh ya, Saya hampir lupa mengatakan bahwa promo ini akan di tutup kurang dari 24 jam, itu artinya kesempatan langka ini hanya tinggal sebentar lagi_

_- Dimana lagi Anda bisa dapatkan kesempatan spesial ini kecuali hanya disini_

_- Saya sudah bilang belum kalau saat ini sudah resmi terdaftar 35 orang, 5 orang lagi maka kuota workshop ini akan penuh_

_- Silahkan lihat jam Anda, karena pukul 20.00 WIB pendaftaran akan resmi di tutup. Silahkan selesaikan registrasi sebelum waktunya_

Tips menulis NB

1. Buat singkat, to do point
Jangan terlalu panjang, selesaikan dalam 1 atau 2 kalimat. Namanya juga catatan, kalau tulisannya panjang itu mah namanya Koran, hehe

Nah, itulah Frasa yang bisa Anda gunakan untuk mulai menulis copywriting Anda.

Kamk sudah bagikan  hari ini spesial khusus untuk Anda, cieeee.

Seharusnya, saat ini Anda minimal sudah bisa menulis copywriting dengan cara mencontoh frasa-frasa tersebut. Cobain deh

Oh ya, karena Kami terlalu baik (Hahaha, narsis lagi)
Kami akan berikan satu contoh bagaimana cara menggabungkan semua frasa ini agar jadi satu copywritng utuh.

Hm. .
Misal Kami ingin promosi Program Belajar Bersama " Mentoring LSO"

_(1) Sekarang Anda bisa menghasilkan lebih banyak uang dari bisnis yang Anda miliki_

_(2) Jadi ceritanya,  banyak orang curhat ke Saya bahwa bisnis mereka bermasalah._

_Mereka mengatakan bahwa mereka kesulitan menjual produknya._
_Ada juga yang cerita kalau sering dapat calon pembeli yang hanya tanya-tanya tapi tidak membeli._
_Atau ada juga yang cerita bulan berganti bulan, tapi hasil jualannya tidak ada peningkatan._

_Memang, bisnis penuh dengan tantangan._

_(3) Oleh karena itu, biasanya Saya merekomendasikan kepada yang curhat ke Saya untuk belajar bisnis di Pesantren Online aja._

_Manfaatnya banyak._
_Ilmunya aplikatif, materinya runut, penjelasannya mudah dicerna, dan kalau bingung bisa konsultasi._

_Nanti belajar banyak hal._
_Mulai dari mindset bisnis, ilmu penjualan, bahkan sampai cara meningkatkan penghasilan._

_Mau?_

_(4) Beruntungnya. ._
_Untuk yang daftar sekarang akan dapat Diskon Spesial._
_Jadi hemat Rp. 200.000 dari biaya normalnya._

_(5) Sampai detik sudah 579 lebih orang yang resmi terdaftar sebagai peserta di kelas ke 27 ._

_Syukurlah, beberapa laporan kalau_
_- Sekarang sudah punya gambaran cara memulai bisnis dengan baik seperti apa_
_- Bisnisnya semakin berkembang_
_- Awalnya kesulitan keuangan, sekarang bisa memiliki penghasilan rutin senilai jutaan_

_(6) Lalu cara daftarnya bagaimana?_

_Silahkan balas pesan ini dengan (SAYA SIAP BELAJAR BISNIS), nanti Saya akan bantu mendaftarkan Anda_

_(7) Oh ya, hampir lupa, potongan biaya pendaftaran hanya berlaku sampai akhir bulan saja ya. Jika ingin hemat dan merasakan banyak manfaat, maka waktu terbaik adalah daftar sekarang_

Itu Copywriting singkat yang di buat secepat kilat dari frasa-frasa yang Kami berikan ke Anda, hehe

(1) adalah Headline
(2) adalah pengantar
(3) adalah Detail Manfaat
(4) adalah Penawaran
(5) adalah Alasan
(6) adalah CTA
(7) adalah NB

Sekarang, Kami yakin Anda sudah punya gambaran membuat iklan. Syukurlah.

Silahkan gunakan frasa yang Anda dapat di program ini, halal, hehe.

Inget untuk terus mengasah kemampuan.
Selalu tes dan ukur hasil iklan yang Anda buat.

Nanti akan tiba masanya Anda jadi ahli dan iklan menjadi semakin profesional.

Pesan Kami
Praktik dengan sungguh sungguh ya

Bisa menulis bukan berati Anda sudah selesai belajar.
Di awal-awal, mungkin iklan yang Anda buat tidak langsung menghasilakan karena dalam iklan banyak faktor yang perlu di perhatikan, seperti siapa penerimanya, dan siapa penjualnya.

Jadi, sambil belajar materi copywriting lainnya, terus saja latihan buat iklan, nanti jualannya akan jadi laris juga, hehe

Kedua, jangan cepat berpuas diri
Dunia copywriting itu luas

Anda bisa belajar dari Kursus Online seperti Program 21 Hari Jago NLP Copywriting ini bit.ly/copywritingnlp , buku, atau sumber ilmu lainnya.

Ilmu copywriting tidak selesai di bahas dalam program ini, ada banyak rahasia yang perlu Anda pelajari di luar sana, hehe.
Terus mencari ya.

Oh ya, ngomong-ngomong soal rahasia,
Saya akan bocorkan cara membuat orang membeli tanpa menunda.

Jadi, dalam ilmu psikologi, ada cara yang terbukti bisa membuat orang tergerak untuk melakukan apa yang kita mau.
Ya tidak 100% berhasil sih, tapi setidaknya kalau pakai tips ini bisa membantu dalam penjualan, hehe

Anda penasaran apa tipsnya?

Silahkan masukan email Anda di sini bit.ly/pesantrenonline

Udah dulu ya.

Salam Hangat Penuh Cinta Kasih
@Jotrii

Sabtu, 21 April 2018

Special Untuk Anda di Hari Kartini

Selamat Hari Kartini

Bismillah..

Semoga Kartini masa kini semakin yakin dan percaya diri ukir prestasi di zaman yang penuh dengan kemudahan dan kemajuan teknologi

Semoga setiap langkah di Ridhoi Allah swt

Semoga semakin kuat sehat bahagia berkelimpahan sejahtera dan mulia

Semoga segala yang dicita citakan dapat terwujudkan, Aamiin

Padepokan Bisnis Online mempersembahkan 2 Program Mentoring Online Terbaik Tanpa Ribet, Tanpa Ketemuan, Tanpa Tapi, Tanpa Nanti, Langsung dari HP Anda, Dimanapun dan Kapanpun, Bisa!  Belajar, Bekerjasama dan Sukses Bersama Kami

Pertama,
Program Pesantren Online, 21 Hari Jago NLP Copywriting

Apa itu?  dapatkan informasi lengkapnnya di sini bit.ly/pesantrenonline atau bit.ly/copywritingnlp

Kedua,
Kelas Android Mentoring Bisnis Online Khusus Wanita

Apa itu?  dapatkan informasi selengkapnya di sini bit.ly/mentoringkartini

Semoga bermanfaat ya...

Sampai Jumpa di Kelas

Salam Hangat Penuh Cinta Kasih
Follow IG @Jotrii

Kamis, 19 April 2018

Pola Bikin Tulisan Yang Menjual Bagian Ketiga

Pola Tulisan Yang Menjual Bagian Ketiga

Frasa-frasa Copywriting Power Full!

Bismillah...                             

Selamat pagi
Hari ini kita lanjut belajar lagi yuk.
Kita masuk ke materi ketiga

Gimana?
Materi kedua sudah di pelajari kan??
Jika Anda belum baca materi kedua silahkan baca pelan pelan aja di sini https://jotrii.blogspot.co.id/2018/04/pola-bikin-tulisan-yang-menjual-bagian.html?m=1

Dimateri kedua, Kami sudah menjelaskan kepada Anda bahwa menulis iklan itu ada susunannya.
Jika kita ikuti susunan tersebut, iklannya jadi lebih teratur dan tulisannya jadi lebih enak di baca.

Kita mengenal susunan tersebut dengan sebutan Elemen Copywritng,

Jika boleh sedikit mengulang, maka Elemen Copywriting yang Saya bagikan itu memiliki urutan

(1) Mulai dengan headline yang memancing penasaran.
(2) Kemudian tuliskan kalimat-kalimat pengantar agar pembaca tidak risih dengan pesannya.
(3) Setelahnya, mulai jelaskan detail manfaat produk atau jasa yang di tawarkan.
(4) Cantumkan penawaran yang kuat.
(5) Lalu berikan alasan kenapa produknya harus di beli sekarang bukan nanti-nanti.
(6) Arahkan pembaca untuk melakukan sesuatu.
(7) Dan tutup pesannya dengan catatan, untuk meyakinkan pembaca agar segera mengambil keputusan.

Untuk yang selama ini bingung cara menulis copywriting, maka di awal-awal menulis, bisa pakai urutan diatas untuk menulis iklannya.

Jika rajin latihannya, nanti lama kelamaan akan semakin jago kok

Sayangnya,
Walaupun sudah di beritahu seperti itu, masih ada juga yang merasa menulis itu susah, padahal di coba saja belum, hehe
Waduh.

Mereka mengatakan. .
_”Praktik tidak semudah teorinya”_
_”Masih bingung nih harus nulis apa”_

Baiklah baiklah. .
Karena Kami pengertian, maka Kami akan berikan contekannya, hehe 

Anda tinggal contek kalimat-kalimat di bawah ini
Ganti sesuai kebutuhan Anda
Dan ikuti tipsnya

Saya menyebut contekan ini dengan "Frasa Copywriting"

Frasa adalah kalimat dengan susunan tertentu.
Jadi Anda ikuti saja kalimat-kalimat yang Kami bagikan ini, maka Anda akan bisa menulis copywriting semudah mengisi teka teki silang.
Perlu mikir sedikit aja, hehe

Kita mulai ya. .

Jadi, Karena Elemen Copywriting itu ada 7, maka Kami akan jabarkan frasa yang di gunakan di setiap elemen.

Element Copywriting
(1) Headline
(2) Pengantar
(3) Detail Manfaat
(4) Penawaran
(5) Alasan
(6) CTA
(7) NB

FRASA HEADLINE

Headline adalah kalimat pertama dalam iklan Anda.
Jika headlinenya menarik dan memancing penasaran, maka orang akan membaca iklan Anda, jika headlinenya biasa-biasa saja, maka orang lain tidak akan melirik.

Frasa yang bisa Anda gunakan

_- Inilah . . ._
_- Siapa lagi . . ._
_- Bagaimana . . ._
_- Rahasia . . ._
_- Sekarang . . ._
_- Untuk Anda. . ._
_- X cara . . ._
_- Pernah . . ._
_- Saya. . . Anda. . ._
_- Mau . . ._
_- Miliki . . ._

Contohnya

_- Inilah cara yang terbukti ampuh mendapatkan 10 juta rupiah tiap bulan tanpa repot keluar rumah_

_- Siapa lagi yang ingin turun berat badan 7 kg dalam 2 minggu?_

_- Bagaimana cara memiliki rumah dengan cepat walau penghasilan pas-pasan_

_- Rahasia Chairul Tanjung membangun kerajaan bisnisnya_

_- Sekarang Anda bisa menghemat sampai 1 juta perbulan dengan cara sederhana ini_

_- Untuk Anda yang memiliki Balita di rumah_

_- 3 Cara mudah yang bisa Anda lakukan agar terlihat lebih muda dari usia sebenarnya_

_- Pernah kehilangan motivasi? ini cara mengatasinya_

_- Saya bocorkan ke Anda rahasia jalan-jalan keluar negeri murah bahkan nyaris Gratis_

_- Mau memiliki penghasilan lebih banyak dari sebelumnya?_

_- Miliki produk senilai Ratusan ribu, cukup bayar setengahnya_

Jadi, tinggal sesuaikan frasanya dengan kebutuhan Anda.

Selain frasa, ini Saya juga berikan tips dalam membuat headline

1. Gunakan kata perangsang
Kata-kata ini untuk membuat pembaca tertarik membuka iklan Anda, karena mereka merasa akan mendapatkan sesuatu yang bermanfaat.
Contoh kata-katanya seperti
- Gratis
- Bonus
- Hemat
- Hadiah
- Spesial
- Praktis
- Mudah
- Lebih
dan sejenisnya

2. Cantumkan angka yang spesifik.
Sebutkan nominalnya, jangan ribuan, jangan ratusan.
Spesifik akan memancing kepercayaan pembaca. Apalagi jika nominalnya besar.
Semakin besar, semakin membuat orang lain mudah percaya.

3. Perkecil hambatan.
Ini akan membuat apa yang ingin Anda tawarkan jadi sangat menarik. Tutup kalimat dengan menambahkan kata “Hanya”, “Walaupun”. “Tanpa”, “Meskipun”, dan sejenisnya

4. Selipkan nama tokoh terkenal
Jika memungkinkan, sebutkan nama tokoh yang di kenal oleh target pasar Anda.
Semakin terkenal, semakin bagus efeknya untuk iklan Anda.
Jangan sebutkan nama tokoh yang tidak mereka kenal, karena itu tidak ada efeknya, hehe

5. Gunakan kata “Ini”
Disadari atau tidak, kata “ini” pada headline mengandung unsur misterius, dan membuat pembacanya penasaran, di buka deh iklannya, hehe.

6. Ngena banget
Buat pembaca Anda berkata “Ini Gue banget” ketika membaca headline Anda.
Jika Anda bisa melakukan itu, maka dia akan membaca kalimat-kalimat berikutnya dengan fokus, hehe.

Oke, itulah tentang Headline. .

Saya sudah berikan 9 Frasa untuk Anda.
Tinggal di teruskan saja.

Mudah kan??
Seperti main game.
Sudah ada contekannya, Anda tinggal lengkapi kalimatnya, hehe

Sekarang kita masuk ke Elemen kedua

PENGANTAR

Setelah headline, apa yang harus dilakukan??
Jawabannya adalah lakukan 2 hal

Pertama, buat pembacanya betah untuk terus membaca.
Kedua yang perlu di lakukan adalah mempengaruhi pembacanya.

Untuk melakukan ini, Anda bisa menggunakan strategi-strategi di bawah ini
- Gunakan cerita
- Sajikan fakta-fakta
- Tampilkan hasil riset
- Berikan pertanyaan
- Ceritakan latar belakang
- Kasih sapaan

Pilih salah satu saja, karena jika di campur-campur nanti jadi aneh, hehe

Frasa yang bisa Anda gunakan

_- Jadi ceritanya . . ._
_- Kita sama-sama tahu bahwa . ._
_- Menurut riset dari . . ._
_- Apakah . . ._
_- Sejak . . ._
_- Halo. . ._

Contohnya jadi seperti ini

- Cerita
_Jadi ceritanya kemarin ada kejadian seru saat Saya jalan-jalan di Mall. (lanjutkan copywritingnya)_

- Fakta
_Kita sama-sama tahu bahwa penduduk Indonesia itu jumlahnya ratusan juta. (lanjutkan copywritingnya)_

- Riset
_Menurut survey dari hubspot, 80% calon pembeli butuh di follow up, tapi sayangnya, hanya sedikit penjual online yang melakukan itu. . (lanjutkan copywritingnya)_

- Pertanyaan
_Apakah Anda merasakan kenaikan harga-harga bahan pokok akhir-akhir ini? . (lanjutkan copywritingnya)_

- Latar Belakang
_Sejak pertama kali Jotrii mendirikan Padepokan Bisnis Online , kami berkomitmen untuk memberikan manfaat kepada sebanyak-banyaknya pengusaha pemula yang membutuhkan bantuan. (lanjutkan copywritingnya)_

- Sapaan
_Halooo. . . Tidak terasa sudah akhir bulan nih. Ngomong-ngomong tentang akhir bulan, itu artinya sebentar lagi gajian nih. (lanjutkan copywritingnya)_

Dapat gambaran yah, gimana cara membuat kalimat pengantar

Dan ini ada tips dalam membuat kalimat pengantar

1. Wajib nyambung
Maksudnya nyambung antara headline dengan produk yang akan kita tawarkan. Kalau kalimat pengantarnya gak nyambung, iklannya jadi aneh, hehe.

2. Gunakan kata penghubung
Agar enak di baca, antara satu kalimat dengan kalimat lainnya, maka gunakan kata-kata seperti :
- Karena itu . . .
- Jadi . . .
- Itu artinya . . .
- Kesimpulannya . . .
- Jika begitu . . .
- Yang ingin Saya sampaikan adalah . . .
Dan sejenisnya

3. Buat pembaca setuju minimal 3 kali
Tulislah kalimat yang memancing anggukan pembaca.
Jika mereka setuju minimal 3 kali, maka Anda akan mudah mempengaruhi mereka untuk membeli produk Anda. Sssttt. . . itu rahasianya, hehe

4. Sampaikan dengan menarik
Jangan terlalu kaku, berlatihlah membuat pembaca asik dengan tulisan Anda.
Anda juga bisa gunakan emot pada tempatnya.
Ingat, pada tempatnya ya, kalau terlalu banyak emot nanti malah terlihat alay bin lebay, hehe

5. Runut
Alias antara kalimat satu dengan kalimat lainnya seperti satu ke satuan. Semakin di baca, pembacanya semakin terhanyut dalam tulisan Anda.

Jujur saja, menulis kata pengantar sebelum menjelaskan produk ini memang menantang.
Anda perlu mencari tema yang pas, kreativitas Anda di uji, dan banyak tantangan lainnya.

Inilah kenapa banyak yang merasa menulis copywriting itu susah.
Karena itulah di materi pertama, Kami mengarahkan Anda untuk mencari banyak informasi tentang copywriting seperti dari buku, atau dari kursus online seperti Program Ramadhan kali ini, Anda bisa ikut belajar Copywriting Berbasis NLP dalam Program " Pesantren Online, 21 Hari Jago NLP Copywriting" Tanpa Ribet, Tanpa Ketemuan, Tanpa Tapi, Tanpa Nanti, Langung dari HP Anda, Kapan Saja dan Di Mana Saja  Dan Anda bisa daftar sekarang di sini bit.ly/pesantrenonline atau di sini bit.ly/copywritingnlp

Jujur saja,
Kata guru Saya. . . 
Belajar copywriting itu tidak ada ruginya.
Karena dengan belajar copywriting secara tidak langsung kita sedang menambah saldo rekening kita.
Koq bisa??

Guru Saya melanjutkan.
Karena copywriting itu bersentuhan langsung dengan dunia penjualan.
Dan dalam bisnis, jualan adalah pintu masuknya uang.
Semakin laris hasil jualannya, maka semakin banyak uang yang di terima.

Logika diatas masuk akal untuk Saya.
Dan inilah yang bisa Saya pesankan ke Anda.

*"Mengejar ilmu Copywriting, itu menambah saldo Rekening"*
hehe

Dengan belajar, maka Anda semakin ahli.

Keluar uang untuk belajar copywriting, paling hanya sekian ratus ribu.
Tapi kalau ilmunya benar-benar di praktikan, maka bisa dapat berjuta-juta.Saya sudah membuktikanya
Investasi ratusan ribu, dapat jutaan. Untung atau untung banget?
hehe

Keluar uang sekali, ilmunya di pakai berkali-kali.
Oh ya, dapat transferannya berkali-kali juga, hehehe

Eh, ini koq jadi kemana-mana. .
Kembali ke materi yuk, hehe....

Saya akan sampaikan frasa elemen ketiga

DETAIL MANFAAT

Inilah bagian untuk menjelaskan produk Anda kepada pembaca.
Tapi sebelum itu, jika produk Anda tidak dikenal, maka sebelum menjelaskan manfaatnya, Anda perlu mengenalkan produknya.

Ya, kenalkan dulu, lalu jelaskan.
Jangan sampai salah, karena dalam copywriting, kalau gak kenal, maka gak beli, hehe.

Cara mengenalkannya bagaimana??

Anda bisa gunakan Frasa ini

_- Perkenalkan (Nama Produk)_
_- Untung ada (Nama Produk)_
_- Karena alasan itulah (Nama Produk) ada_
_- Tenang, sekarang ada (Nama Produk)_

Anda beritahu nama produknya, jelaskan itu produk apa, dan jelaskan hal-hal yang berhubungan dengan produk.

Setelah mengenalkan produknya, maka mulai jelaskan manfaatnya.

Frasa yang bisa di pakai seperti

_- Inilah yang akan Anda rasakan saat . . ._
_- Otomatis akan dapat . . ._
_- Sebelum . . .  ketahui dulu manfaat dari . . ._

Contoh penerapannya seperti ini

_- Di antara banyak manfaat vitamin ini, ada 5 manfaat utama yang perlu Anda ketahui. Dan inilah yang akan Anda rasakan saat rutin menkonsumsinya. (sebutkan poin-poin manfaatnya)_

_- Ketika seseorang ikut belajar di Pesantren Online 21 Hari Jago NLP Copywriting,maka orang tersebut otomatis akan dapat ilmu yang keren, aplikatif bisa langsung di gunakan, dan tentunya bermanfaat untuk bisnis mereka_

_- Sebelum Anda daftar peluang emas ini, ketahui dulu manfaat dari bergabung menjadi member K-Link (sebutkan poin-poin manfaatnya)_

Tips dalam menulis Detail Manfaat

1. Sebutkan dalam poin-poin
Agar terlihat enak di baca, sebutkan manfaatnya dalam poin-poin. Minimal 4 dan maksimal 7 poin. Jika terlalu banyak, nanti seperti ngecap, hehe

2. Sebutkan 3 manfaat dalam 1 kalimat
Ini akan memberikan kesan bahwa produk Anda memiliki banyak kegunaan dan terlihat lebih menarik.

3. Menyentuh Ketakutan Pembaca iklan
Pastikan poin-poin atau manfaat yang Anda tuliskan dalam iklan Anda bisa menghilangkan masalah calon pembeli ketika mereka menggunakan produk Anda.

Okay, tidak terasa Kami sudah sampaikan banyak hal ke Anda. Lumayan lumayan, hehe

Sebenarnya masih ada 4 Elemen lagi yang mau Saya bahas.
Tapi nanti kepanjangan, jadi Kami potong untuk berikutnya aja ya...

Sekarang, Anda bisa coba frasa-frasa diatas untuk membuat copywriting Anda sendiri.
Silahkan coba berlatih menulis headline sampai detail manfaat produk Anda

Pada Materi keempat
Kami akan memberikan contekan lanjutannya.
Sekaligus, Kami akan beri tahu cara untuk membuat orang membeli tanpa menunda.

Hayoo, siapa yang sering ketemu calon pembeli yang tanya-tanya aja tapi gak transfer-transfer?
Ditunggu materi keempat ya...

Semoga bermanfaat

Semoga Anda  semakin kuat sehat bahagia berkelimpahan sejahtera dan mulia, Amiin

Salam Hangat Penuh Cinta Kasih
@Jotrii

NB :

Terbatas untuk 300 orang peserta saja. Daftar sekarang ya Program Pesantren Online 21 Hari Jago NLP Copywriting di sini bit.ly/copywritingnlp

Rabu, 18 April 2018

Pola Bikin Tulisan Yang Menjual (Bagian Kedua)

Pola Bikin Yang Menjual Bagian Dua

Merancang Iklan yang sulit di tolak                   

Bismillah...

Jika Anda baca pesan kali ini, maka kami anggap Anda sudah selesai membaca materi sebelumnya.Jika Anda belum membaca materi bagian pertama silahkan baca di sini https://jotrii.blogspot.co.id/2018/04/cara-membuat-tulisan-yang-menjual.html?m=1

Jika boleh jujur, sebenarnya seluruh materi dalam program ini berurutan.
Jadi, agar pemahamannya bisa sempurna dan mendapat sesuatu dari program ini, maka perlu mempelajarinya bertahap.

Untuk mempelajari materi kedua, Anda sebelumnya harus mempelajari materi pertama.
Untuk mempelajari materi ketiga, Anda sebelumnya harus mempelajari materi kedua.
Dan begitu seterusnya, hehe.

Karena itu,
Jika Anda belum membaca materi pertama

Dan jika Anda sudah membacanya, selamat. Dan jika Anda ingin belajar lebih dalam tentang Copywriting maka Anda bisa ikut Program Pesantren Online 21 Hari Jago NLP Copywriting yang pesertanya terbatas hanya untuk 300 orang saja di sini bit.ly/pesantrenonline
Yuk kuasai materi kali ini.

Lanjut ya,

Kami menyebut materi kali ini dengan judul merancang iklan, karena memang di materi ini Anda akan belajar cara menyusun copywriting atau tulisan yang menjual

Agar bisa seperti itu, maka Anda perlu berkenalan dengan sesuatu bernama ELEMEN COPYWRITING

Copywriting bukan tulisan yang asal jadi.
Ada poin-poin yang perlu Anda lengkapi agar iklan Anda enak di baca dan tentunya menghasilkan penjualan. Poin-poin disebut dengan elemen copywriting.

Secara umum, elemen copywriting terbagi menjadi 7 bagian.

7 Hal itu adalah
_1. Headline_
_2. Pengantar_
_3. Detail Manfaat_
_4. Penawaran_
_5. Alasan_
_6. Call to Action,_ dan
_7. Nota Bene_

Apa saja penjelasannya ini??
Oke, kita bahas satu persatu ya.

Pertama. . .
HEADLINE

Headline adalah kalimat awal yang ada dalam promosi Anda.
Bisa di katakan, headline adalah bagian yang sangat penting dalam iklan Anda.

Riset mengatakan, dari 10 orang yang menerima iklan, hanya 2 orang yang memutuskan untuk membaca iklan sampai selesai. Apa artinya ini?

Artinya orang-orang akan memutuskan lanjut baca atau tidak setelah mereka membaca headline iklannya.

Tugas headline adalah membuat orang tertarik dan penasaran dengan apa yang mau Anda sampaikan.

Jika headlinenya biasa-biasa saja, maka bisa di pastikan keseluruhan iklan Anda tidak akan di baca. Dan ketika iklan tidak di baca, itu berarti tidak ada penjualan.

Inilah mengapa, banyak profesional mengatakan bahwa headline itu sangat penting.
Bahkan beberapa orang mengaku, saat membuat copywriting, mereka membutuhkan waktu yang lama dalam menyusun headline.

Bayangkan ketika headlinenya biasa-biasa saja,
Misal headlinenya isinya . .

_*”DISKON 5%!”*_
_*”AYO BELI”*_

Maka orang yang menerimanya akan nyeplos
- _”Terus kenapa?”_
- _”Emang gue pikirin”_
- _”Gak penting deh”_
dan kalimat-kalimat sejenisnya, hehe.

Selalu ingat,
*Kegagalan copywriting di mulai dari gagal merancang headline yang menarik*

Karena inilah,
Salah satu yang harus Anda perhatikan saat menulis copywriting adalah . .

Apakah headline Anda sudah sangat menarik dan membuat pembacanya penasaran??

Jika belum, maka jangan sebar copywriting Anda.

Pertanyannya sekarang, bagaimana cara menulis headline yang menarik?

Ada banyak rumus yang bisa Anda gunakan, tapi Saya tidak akan share di materi ini.

Kamj akan share di materi berikutnya, karena materi kali ini hanya fokus ke elemen copywriting.
Jika Kami nekat bagikan tipsnya di materi kali ini, maka bisa panjang banget pesannya nanti, hehe

Karena itu, sekarang kita lanjut dulu ke elemen kedua ya.

Kedua
*PENGANTAR*

Terkadang, ada orang-orang yang berhasil memancing prospek untuk membaca iklan mereka, tapi sayangnya, setelah headline mereka langsung menyodorkan produk.

Ini mirip seperti tamu yang tidak sopan.
Setelah pintu di buka, kemudian si tamu langsung masuk rumah padahal belum di persilahkan.
Jika ini di lakukan dalam copywriting, maka bisa di pastikan hasil copywritingnya kecil.
Bahkan dalam banyak kasus, copywritingnya tidak menghasilkan penjualan satupun.

Apa yang seharusnya di lakukan?

Sebaiknya, sebelum menawarkan sesuatu, Anda memulainya dengan kalimat-kalimat pengantar.

Kalimat pengantar ini bisa berupa cerita, fakta-fakta, hasil riset, pertanyaan, menceritakan latar belakang, atau berbentuk sapaan.

Buatlah tulisan yang bisa menyambungkan headline dengan produk Anda.

Inti dari pengantar adalah pendekatan dulu.

Buat pembaca Anda hanyut, dan mengangguk saat membaca bagian ini.
Semakin di baca, semakin membuat pembacanya larut dalam tulisannya.

Memang tahap ini menantang.
Tapi jika Anda bisa melakukannya, maka Anda akan mudah dalam menjual sesuatu.

Jadi, setelah headline, jangan lupakan bagian pengantar ya.

Pada dasarnya orang tidak suka di juali.
Karena itu, pendekatan dulu baru jualan.
Jika pendekatan Anda salah, maka hasilnya bermasalah.

Ketiga,
*DETAIL MANFAAT*

Di bagian inilah Anda mulai memperkenalkan produk Anda.

Jelaskan manfaat produk Anda.
Jika manfaatnya banyak, Anda bisa gabungkan 3 manfaat dalam 1 pharagraf atau Anda bisa menuliskannya dalam poin-poin.

Ingat ya,
Yang di ceritakan adalah manfaatnya.

Banyak orang di bagian ini sibuk menceritakan fitur produk.
Padahal, fitur dengan Benefit (manfaat) itu berbeda.

Misal Anda jual obat.
Maka jangan ceritakan komposisinya, karena tidak ada yang peduli dengan itu, kecuali jika ada yang tanya.

Calon pembeli ingin tahu produk Anda bisa apa, mereka tidak peduli dengan cara buatnya.

Orang beli shampoo untuk menghilangkan ketombe, karena aromanya.
Orang beli pakaian karena desainnya, karena ukurannya pas, karena bahannya nyaman.
Orang beli makanan, karena itu enak, karena rasanya, karena mereka penasaran.
Orang mendaftar jadi reseller, karena peluangnya, karena produknya mudah di jual.

Kata kuncinya adalah manfaat produk atau jasa yang Anda tawarkan
Itulah yang seharusnya Anda ceritakan.

Ketika orang paham dengan yang Anda jual, maka kemungkinan produk Anda terbeli akan semakin besar. 

Sebagai tambahan
Di bagian ini kalau perlu ceritakan perbedaan produk Anda dengan produk kompetitor.
Tonjolkan hal-hal yang uniknya.

Tapi ingat, cukup ceritakan kelebihan Anda tanpa perlu menjelekan orang lain ya.
hehe

Keempat
*PENAWARAN*

Inilah kunci agar copywriting Anda di respon pembacanya.
Yaitu penawaran.

Bagian sebelumnya, hanya menceritakan produk Anda.
Tapi bagian ini yang akan menggerakan pembaca untuk tertarik.

Terkadang, orang membeli bukan semata-mata karena butuh produknya.
Terkadang, orang membeli karena penawarannya menarik.

Jadi, buatlah penawaran yang bahkan Anda sendiri tidak bisa untuk menolaknya.

Penawaran yang umum di gunakan ada 3

Pertama, *Bonus spesial*
Kedua, *Potongan harga*
Ketiga, *Solusi*

Jika Anda bisa, berikan bonus untuk setiap pembelian.
Sebaiknya bonus yang di berikan juga bonus yang berkualitas.
Karena semakin berkualitas bonusnya, semakin membuat orang tertarik.

Apalagi jika bonusnya berkualitas dan jumlahnya banyak, hehe
Otomatis akan jauh lebih menarik 

Kemudian potongan harga.
Atau orang menyebutnya dengan diskon.

Tidak bisa di pungkiri, bahwa ketika kita bisa mendapatkan sesuatu dengan harga yang jauh lebih hemat, itu adalah sebuah kesenangan tersendiri, hehe

Nah, hal ini juga berlaku untuk calon pembeli Anda.
Sesekali berikanlah penawaran potongan harga.

Jelaskan nominal yang bisa mereka hemat, dan tonjolkan harga setelah di potong diskon.
Buat itu seolah-olah murah, maka copywriting Anda akan sangat membius, hehe

Lalu bagaimana jika Anda tidak bisa memberikan bonus atau potongan harga?

Artinya fokus ke penawaran ketiga, yaitu solusi.

Anda harus tahu apa masalah pembaca, apa yang di inginkan mereka, apa yang mereka cari, apa yang mereka butuhkan dan beritahu mereka bahwa Anda memiliki solusinya.

Jika Anda bisa menyentuh frutasi atau ketakutan terbesar pembaca copywriting Anda, maka tanpa penawaran tambahan pun, copywriting Anda akan menghasilkan penjualan.

Kelima
*ALASAN*

Inilah pesan guru Saya.

Kebanyakan orang saat menulis copywriting, mereka lupa menyertakan alasan kenapa produknya harus di beli sekarang.

Produknya sudah bagus, penawarannya sudah menarik, tapi tidak ada asalan yang kuat kenapa produk itu harus di beli tanpa menunda.
Sehingga, copywritingnya tidak bertenaga, dan tidak menghasilkan apa-apa.

Tugas kita adalah. . .
Setelah menjelaskan semuanya, maka yakinkan pembaca copywriting kita untuk melakukan sesuatu.

Sudah di yakinkan saja masih ada yang ragu, apalagi jika tidak di yakinkan, hehe.

Meyakinkannya dengan apa??

Bisa mainkan 3 hal ini

*Cantumkan testimoni pengguna sebelumnya*, karena orang lebih percaya apa kata pengguna produknya di banding kata penjualnya, hehe

*Berikan garansi*, adanya garansi akan mengikis keraguan pembaca iklan Anda, karena pada dasarnya orang cenderung mencari rasa aman, apalagi jika mereka harus keluar uang dalam jumlah yang besar.

*Cantumkan batasan*, selama tidak ada batasannya, maka calon pembeli bebas menunda. Karena itu, cantumkan hal ini. Bisa dengan memberikan batasan berupa jumlah produk, atau memberikan batasan waktu transaksi.

Dari ketiga hal diatas, pilih salah satu atau gabungkan hal-hal yang cocok dengan bisnis Anda.

Keemam
*CALL TO ACTION*

Atau biasa di singkat dengan CTA

Bagian ini bertujuan untuk mengarahkan seseorang untuk melakukan sesuatu setelah membaca copywriting Anda.

Tanpa call to action, maka copywriting Anda kurang kuat, dan membuat pembacanya hanya menikmati tulisan Anda.

Jadi, Anda ingin calon pembeli melakukan apa setelah membaca copywriting Anda?
Apakah membalas pesan?
Menghubungi nomor tertentu?
Menekan link beli?
Mendaftarkan dirinya?
Atau apapun, maka tuliskan disini.

Ketujuh
*NOTA BENE*

Alias NB, atau catatan yang di tulis di bagian terbawah pesan.

Fungsi bagian ini untuk meyakinkan lagi pembaca agar segera mengambil keputusan.

Perjelas batasannya, agar memperkuat alasan kenapa calon pembeli Anda harus action sekarang tanpa di tunda.

Akhirnya. .
Itulah elemen copywriting yang perlu Anda masukan saat Anda menulis iklan Anda.

Jika Saya sampaikan ulang, maka urutannya seperti ini

Mulailah dengan headline yang memancing penasaran.
Kemudian tuliskan kalimat-kalimat pengantar agar pembaca tidak risih dengan pesan Anda.
Setelah Anda melakukan ini, maka mulai jelaskan detail manfaat produk Anda.
Cantumkan penawaran yang kuat.
Lalu berikan alasan kenapa produknya harus di beli sekarang bukan nanti-nanti.
Arahkan pembaca untuk melakukan sesuatu.
Dan tutup pesannya dengan catatan untuk meyakinkan pembaca agar segera mengambil keputusan.

Gimana?
Sudah ada gambaran kan. ..

Sekarang, sambil tunggu materi besok, Anda bisa mempelajari ulang materi di pesan kali ini.
Di pelajari ulang, agar Anda semakin paham urutannya dan ajak temen temen yang lain belajar di ruang ini dengan cara membagikan link berikut bit.ly/komunitaslso

Berikutnya, pada bagian ketiga Kamk akan memberikan frasa-frasa yang perlu Anda tulis agar iklan Anda semakin membius.
Aasiik dan sangat menarik ya...

Apalagi jika Anda ikuti Kelasya di sini bit.ly/copywritingnlp

Buat yang bingung apa itu frasa, secara sederhana frasa adalah kalimat dengan susunan tertentu.

Jadi, berikutnya Kami akan memberikan Anda beberapa kalimat kemudian Anda tinggal ganti-ganti saja sesuai kebutuhan iklan Anda.

Prinsipnya seperti nyontek gitu, hehe
Kami berikan contekan iklannya, Anda tinggal lanjutkan sesuka Anda.

Semoga Anda semakin kuat sehat bahagia berkelimpahan sejahtera dan mulia ya, Aamiin

Semoga bermanfaat
Salam Hangat Penuh Cinta Kasih
@Jotrii

NB :

Segera daftar Kelas Pesantren Online Program Sedekah dan Belajar Bersama " Pesantren Online 21 Hari Jago NLP Copywriting " di sini bit.ly/copywritingnlp

Pola Bikin Tulisan Yang Menjual (Bagian Pertama)

Tulisan Menjual Bagian Pertama

Pola Tulisan Yang Menghasilkan Penjualan

Bismillah...

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa dalam bisnis, promosi itu perannya sangat penting.

Promosi membuat orang lain mengenal produk kita, membeli, dan di satu titik, promosi bahkan bisa membuat hasil jualan kita melonjak seketika.Betul ya?

Jika hasil jualan kita semakin banyak, itu artinya semakin banyak uang yang masuk ke bisnis kita.
Dan biasanya, semakin banyak uang yang masuk, itu artinya semakin banyak penghasilan yang kita dapatkan.Iya atau iya??

Bayangkan ketika Anda berhasil menjual 10 produk dalam satu hari, lalu bandingkan di hari lainnya Anda berhasil menjual 100 produk dengan harga satuan yang sama.
Mana yang hasilnya lebih banyak??
Saat Anda berhasil menjual 10 produk atau 100 produk??

Saya rasa jawaban semua orang akan mirip.
Semakin banyak yang berhasil di jual, semakin banyak yang hasil yang bisa di bawa pulang.

Karena hal inilah kita harus sadar bahwa promosi itu penting dalam perjalanan bisnis kita.

Di sadari atau tidak, barusan Saya menjelaskan bahwa promosi itu secara tidak langsung berpengaruh ke penghasilan Anda.

Nah, ngomong-ngomong soal promosi, maka kita akan selalu bertemu dengan sesuatu yang namanya ikan.
Eh, maksudnya iklan, hehe

Tau kan iklan itu apa?

Ya pasti tau lah, gak mungkin gak tau.
Zaman sekarang kalau gak tau iklan, mungkin tinggalnya dalam goa, hehe

Tapi agar pemahaman kita sama, maka Kami akan mejelaskan pengertian tentang iklan.

Jadi, iklan adalah suatu pesan tentang barang atau jasa yang disampaikan lewat suatu media.
Tujuan iklan adalah agar orang menjadi tertarik untuk membeli atau menggunakan produk yang di iklankan.

Dalam bisnis agar bisa membuat iklan yang bagus, kita bisa menempuh 2 cara.

Pertama adalah membuat sendiri iklannya, yang kedua adalah menyewa jasa profesional untuk membuatkannya.

Dari 2 pilihan ini, ternyata kebanyakan pebisnis menempuh jalan pertama.
Ya wajar saja, meminta orang lain membuat iklan, butuh nominal senilai jutaan.
Banyak yang berfikir, uang sebanyak itu, lebih enak di buat makan-makan, daripada di berikan ke orang lain, hehe...

Masalahnya,
Kami menemukan banyak sekali teman-teman yang masih merasa kesulitan dalam membuat iklan sendiri.
Terutama yang berkecimpung di bisnis online.Betul apa betul?

Curhat mereka,

"Menulis iklan itu sulit,atau ada juga yang curhat ,sudah capek-capek nulis iklan, eh jangankan dapat pembeli, yang tanya-tanya aja gak ada"

Apakah ini yang juga Anda alami?

Jika ya, Kami akan coba berikan solusinya lewat tulisan ini.

Saya percaya bahwa segala masalah pasti ada solusinya.
Dan untuk masalah di atas, salah satu solusi yang bisa Saya tawarkan adalah sebuah ilmu.

Ilmu ini di sebut dengan ” Copywriting”

Sebagian mungkin sudah akrab dengan ilmu ini, dan mungkin sebagian belum.
Nah, agar adil, maka Kami akan jelaskan dari awal saja ya

Untuk yang sudah paham, mungkin ini bisa jadi pengingat bersama.
Dan untuk yang belum paham, ini bisa jadi kesempatan memahami ilmunya dari awal.

Akur ya, he he..

Apa itu Copywriting?

Menurut Bunda Wikipedia, Copywriting adalah. . .
Written content conveyed through online media and print materials. Copy is content primarily used for the purpose of advertising or marketing. This type of written material is often used to persuade a person or group as well as to raise brand awareness. The ultimate goal of copy is to get the reader to take a particular action.

Eh, maaf, koq jadi bahasa inggris, hehe.

Inti versi bahasa inggrisnya seperti itu, nah versi bahasa tarzannya . . .
Copywriting adalah tulisan yang disampaikan melalui media Online atau media cetak yang biasa digunakan untuk memasarkan sesuatu. Tulisan itu untuk mempengaruhi dan meyakinkan satu atau sekumpulan orang terhadap suatu produk. Goal utama dari tulisan ini adalah untuk membuat pembacanya melakukan suatu hal yang spesifik.

Perhatikan kalimat diatas.
Jika diambil poin-poinnya, Copywriting itu
1. Tulisan
2. Memasarkan
3. Mempengaruhi dan meyakinkan
4. Membuat pembacanya melakukan sesuatu

Jadi, terjemahan simplenya.
Copywriting adalah tulisan yang digunakan untuk memasarkan sesuatu dengan cara mempengaruhi dan meyakinkan, agar siapapun yang membaca tulisan itu melakukan sesuatu.

Ngomong-ngomong melakukan sesuatu itu, melakukan apa sih??

Ya banyak. . . dengan copywriting.
- Kita bisa mengedukasi orang yang tidak paham produk kita, jadi paham apa yang kita jual.
- Kita bisa membuat orang yang cuek dengan produk yang kita jual jadi tertarik.
- Kita bisa membuat seseorang membeli produk kita tanpa menunda.
- Kita bisa membuat seseorang membeli berulang-ulang kali kepada kita.
- Kita bisa memasarkan produk kita lebih mudah, dan banyak hal lain-lainnya.

Copywriting menarik kan untuk di pelajari?

Bahkan seorang guru pernah menyampaikan.
”Mustahil seseorang bisa jualan online laris manis, tanpa menguasai Copywriting”

Banyak orang, telah berhasil mencapai omzet ratusan juta dengan relatif cepat karena mereka menguasai ilmu copywriting.

Jadi kesimpulannya. . .
Mempelajari Copywriting itu AMAT SANGAT PENTING pakai BANGET, hehehe

Pertanyaannya sekarang,
Kalau mau belajar copywriting harus mulai dari mana??

Mulai saja dari membaca terus pesan kami ini, hehe
Saya akan jelaskan pelan-pelan.

Banyak orang berfikir, inti dari copywriting adalah jualan.
Pokonya jualan !
Pokoknya harus dapat pembeli !
Pokoknya harus dapat transferan !

Berfikir seperti ini boleh saja, tapi mari lihat dari sudut pandang yang lain.

Yang Kami pahami. . .
Pada dasarnya, copywriting adalah PENGGANTI KOMUNIKASI

Jika kita terbiasa berkomunikasi dengan lisan atau berbicara langsung.
Maka dalam dunia copywriting, komunikasi dilakukan dengan tulisan.

Ya, kita menyampaikan sesuatu dengan tulisan.
Kita memasarkan produk kita dibantu dengan tulisan.

Nah, dalam prinsip komunikasi, komunikasi yang baik adalah ketika orang lain "PAHAM" apa yang kita sampaikan.

Perhatikan kata yang Saya tulis tebal diatas, karena itu kata kuncinya.

Inilah alasan kenapa banyak orang gagal membuat copywriting. Gagal menjual produk mereka.
Mohon maaf, kebanyakan orang hanya menulis secara asal, tidak berusaha membuat pembacanya paham dengan apa yang mereka jual.

Padahal,
Bisa jadi orang lain tidak beli produk kita, bukan karena mereka cuek.
Bisa saja mereka tidak beli, karena mereka tidak paham dengan apa yang sebenarnya kita jual

Karena itu, saat Kita membuat iklan, yang harus dilakukan pertama kali adalah berusaha untuk membuat pembaca iklan  paham dengan apa yang  ditawarakan.

Setidaknya untuk mengerti hal ini, ada 3 prinsip yang bisa kita ingat

Pertama,
Jika produk kita tidak di kenal, maka orang lain otomatis akan menolaknya.

Kedua,
Jika orang yang kita juali tidak paham dengan detail manfaat produknya, maka mereka akan mengatakan harganya mahal

Ketiga,
Semakin detail penjelasan kita, semakin besar kemungkinan produk kita di beli.

Jadi, ketika kita ngiklan, dan ingin produk Kita tidak di tolak, tidak di anggap produknya mahal, dan ingin dapat pembeli, maka berusahalah membuat orang lain kenal produk kita, buat calon pembeli paham dan buat calon pembeli mengerti tentang produk Kita

Setelah Anda membaca sampai sini, maka Anda sekarang mengerti bahwa membuat orang paham dengan apa yang kita tuliskan adalah inti dari Copywriting

Lantas bagaimana cara mudah belajar Copywriting?

Anda bisa ikut Program Pesantren Online 21 Jago NLP Copywriting" TANPA RIBET TANPA KETEMUAN, TANPA TAPI TANPA NANTI, DI MANAPUN KAPANPUN, LANGSUNG DARI HP ANDA.

Dan Anda bisa daftar sekarang atau besok pagi di ini bit.ly/pesantrenonline atau bit.ly/copywritingnlp

Sampai jumpa di kelas ya...
Salam hangat
@Jotrii

NB :

Peserta terbatas untuk 300 Orang saja. Lebih cepat daftar, lebih baik. Kami akan tutup pendaftaran sewaktu waktu.

Kamis, 05 April 2018

2 Metode Belajar Bisnis Online, Anda Pilih Mana?

Bismillah...

Menurut Anda, mending belajar bisnis online dengan mentor atau otodidak sih?

Hayoo jawab... Hehe

Jadi gini. Ketika Anda ingin terjun dalam dunia bisnis online dan anda mau belajar. Maka anda akan disuguhi dua pilihan.

Belajar secara otodidak atau belajar dengan mentor.

Anda bebas pilih. Sama-sama benar. Sama-sama memiliki poin plus minus,

Nah kali ini  saya bahas plus minusnya.

1. Belajar Secara Otodidak

Anda bisa belajar bisnis secara otodidak (belajar sendiri).

Anda bisa belajar dengan nonton di youtube, baca artikel, baca buku, dll.

Yang pasti Anda mencari media informasi sendiri dan  harus mampu mencermatinya sendiri secara tepat.

Enaknya, dengan otodidak Anda akan hemat biaya. Karena semua media pembelajaran bisa Anda dapat secara murah bahkan gratis.

Contoh, anda belajar membuat bikin landing page promo. Anda bisa browsing di youtube. Paling modal paket data doang.

Gak enaknya. Anda butuh proses panjang. Karena Anda akan mengalami banyak trial dan eror di sepanjang perjalanan. Maklumlah gak ada yang bimbing.

Plus Anda harus pintar membuat alur informasi. Maksudnya, anda harus tau mana step by step yang tepat.

Kalau anda brosing di youtube, maka akan banyak sekali tutorial yang ditawarkan. Dan sifatnya tak berurutan.

Alhasil, Anda harus pintar. Mana yang harus dipelajari dulu, mana yang selanjutnya.

Otodidak ini cocok jika Anda adalah tipe orang yang ingin belajar bisnis secara santai dan gak suka diarahkan orang lain.

2. Belajar dengan Mentor

Mentor disini bermakna support system. Artinya ada pihak-pihak terkait yang mengarahkan Anda.

Contoh, jika Anda ingin belajar tentang skill internet marketing di kelas bit.ly/kelasbisnisonlineapril yang pendaftaranya tutup hari ini

Enaknya, Anda bisa memperpendek waktu belajar. Karena jika ada eror, Anda ada yang mengarahkan.

Anda akan disuguhi materi belajar yang berurutan. Jadi Anda tak perlu bingung mana yang harus dipelajari terlebih dahulu, mana selanjutnya.

Anda tinggal mengikuti alur materi.

Gak enaknya, anda harus mengeluarkan budget.

Contoh, untuk mengikuti Kelas Android Mentoring Bisnis Online April Anda musti Investasi sebesar Rp. 199.000 ,Normalnya Rp. 399.000

Mahal? Kalau Anda memikirkan nilai belajar, mungkin terlihat mahal.Di Luar sana bahkan jauh lebih mahal. Yang perlu Anda pahami adalah, kita betpartner dan Anda akan dibimbing seumur hidup sampai bisa sampai menghasilkan.

Jika Anda melihat manfaat, Anda akan mengaggapnya murah.Dan ini adalah Investasi leher ke atas. Yang namanya investasi, tentu akan kembali dan berdampak kepada Anda lagi.

Belajar dengan Mentor ini sangat cocok jika Anda tipe orang yang mudah diarahkan dan tak ingin boros waktu.

Jika anda eror, ada yang mengarahkan. Tinggal mengikuti alus saja.

Gimana, Anda lebih suka otodidak atau dengan mentor?

Itu pilihan Anda. Yang pasti, pahami plus minusnya dulu.

Semoga bermanfaat ya
@Jotrii

Jumat, 30 Maret 2018

2 Pelajaran Dari Jendral Yang Tak Terkalahkan

Pelajaran Dari Jendral Yang Tak Terkalahkan

Bismillah…

Jum'at sore

Balik Jogja-Cilacap
Nulis sambil nunggu bis

Mari perbanyak istighfar, sholawat, sedekah dan baca qur'an

Semoga semakin kuat sehat bahagia berkelimpahan sejahtera dan mulia ya, Aamiin

Jika kita mereview ke abad pertengahan maka kita akan dapati dalam sejarah bahwa pada zaman itu adalah zaman dimana banyak sekali peperangan, peperangan terjadi karena banyak hal diantara nya ekspansi daerah kekuasaan, berdagang dan menyebarkan Agama.

Ada cerita menarik dari peperangan di abad pertengahan bahwasanya terdapat 2 jendral atau panglima perang karena kehebatan nya mereka di juluki sebagai 2 jendral yang tidak pernah kalah.

Kedua orang tersebut adalah

Khalid Bin WalidJenghis Khan

Saya akan bahas singkat tentang kedua jendral diatas.

Yang pertama adalah Khalid Bin Walid, jika mendengar nama beliau di ceramah-ceramah sudah tidak asing lagi bahwa beliau selain terkenal sebagai sahabat nabi beliau juga terkenal dengan teknik militer dan strategi perang nya yang cerdik. Maka dari itu Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallammemberikan gelar kepadanya Saifullah ( Pedang Allah ) pada saat peristiwa perang Mut’ah dimana 3000 kaum muslimin berperang melawan 200.000 pasukan romawi. Kurang lebih 100 peperangan yang beliau lakukan dan tidak ada satupun peperangan yang tidak beliau menangkan diantaranya adalah peperangan melawan kerajaan besar seperti byzantium, kekaisaran sassanid dan persia. Pada saat itu juga terkenal sebagai masa keemasan kaum muslimin dimana setengah dunia berada di bawah kekuasaan kekhalifahan muslimin.

Yang Kedua adalah Jenghis Khan, terlahir sebagai suku mongol dengan nama Temudjin, jika mendengar namanya maka tidak sedikit yang beranggapan bahwa beliau adalah jendral paling kejam sepanjang sejarah. Namun di balik itu semua Temudjin terkenal juga dengan kelihaian mengatur strategi perang, terbukti bangsa yang kebanyakan orang sebut sebagai suku bar-bar ini berhasil menguasai setengah dunia dalam kurun waktu yang tidak lama. Temudjin juga tidak pernah terkalahkan dari setiap peperangan yang dihadirinya.

Pelajaran apa yang bisa kita ambil dari kedua jendral diatas ?

Satu hal yang penting adalah " fokus kepada hal yang bisa dikendalikan"

Keduanya tidak berfikir dan ragu apakah bisa menaklukan bangsa yang begitu besar dihadapan mereka? Yang mereka fokuskan adalah hal yang mereka bisa kendalikan yaitu prajurit dan strategi perang.

Sama hal nya dengan bisnis. Kita tidak bisamengendalikan apakah bulan ini bisnis kita akan profit atau tidak, kita tidak tahu, paling tidak sampai akhir bulan.

Namun, kita bisa mengendalikan usaha yang kita lakukan setiap hari. Seperti berapa kali Anda broadcast,presentasi, berapa kali Anda follow up, budget iklan, strategi funneling dll

Mari jaga energi bahagia
https://youtu.be/fo4QsgI5QXc

Semoga bermanfaat 🙏

Salam Hangat
@Jotrii

Kamis, 29 Maret 2018

Cara Membangun Customer Loyal

Cara Membangun Costumer Loyal

Bismillah…

Noah Kagan pendiri summome pernah berkata dalam vidio presentasinya bahwa “Hanya mengandalkan social media dalam bisnis Anda sama saja dengan berbisnis diatas pasir”. Itu artinya ketidakstabilan pada channel tersebut, seperti yang Anda tahu facebook, twitter, instagram bahkan google selalu berubah ubah algoritmanya sehingga tidak bisa Anda kendalikan.

Ryan Deiss pernah berkata juga :

Secara online, hanya ada 2 cara untuk berkomunikasi dengan pelanggan (orang yang pernah membeli sebelumnya):

1. Melalui Pixel (contoh: Facebook Custom Audience.)

2. Melalui Email.

Selain kedua cara diatas, komunikasi Anda akan bercampur antara orang yang sudah membeli, sudah tertarik tapi belum membeli, dan yang belum kenal sama sekali.

Artinya tidak bisa tertarget khusus ke yang sudah pernah membeli sebelumnya.

Dan dari kedua cara diatas, cuma 1 cara yang bisa di personalisasi bahkan hingga menyebutkan nama pelanggan Anda, yaitu: email.

Jadi, jika belum menggunakan salah satu dari keduanya, Anda belum bener-bener berkomunikasidengan pelanggan yang pernah membeli sebelumnya, dan sedang melewatkan peluang yang besar sekali.

bit.ly/kepoasetdigital dengan fitur pixel tracking untuk orang yang membuka email Anda memungkinkan Anda menggunakan keduanya.

Sehingga Anda bisa retargeting subscriber Anda untuk penawaran penawaran yang tidak bisa mereka tolak seperti yang dipelajari di bit.ly/mentoringlso

Semoga bermanfaat ya
Salam hangat
@jotrii

Facebook Marketing Ramadhan Insight

Facebook Marketing Ramadhan Insight

Bismillah

Semangat pagi, apa kabar ya?

Semoga semakin kuat sehat bahagia berkelimpahan sejahtera dan mulia, Aamiin Ya Mujib

Sekedar berbagi,
Pebisnis Online, Penggelut FB Ads Wajib Baca

Sebentar lagi Ramadhan, jaga kesehatan, tingkatkan iman dan taqwa

#BerkahRamadhan,
Bu Diah berjualan kue kering sejak 2016 dan memanfaatkan Fb , ig dan whatsapp untuk mendapat rizki yang berkah di Ramadhan, dan setelah berjalan 2 tahun bisnisnya meningkat 4 kali lipat dr sebelumnya dan dapat bermanfaat ke warga sekitar

Berkah Ramadhan Bu Diah,

Bagi Pebisnis On Line, terutama penggelut Fb Ads, moment Ramadhan akan menjadi moment sangat berkelimpahan, jika memahami beberpa hal berikut

3 fase ramadhan ( masih sama dengan tahun lalu)

Diferensiasi "kepentingan" saat Ramadhan, mulai dari Finance hingga Food & Beverages dan di peranan berdasarkan pipeline yang facebook research (data internal Fb )

Apa yang terjadi saat ramadhan tiba ?

( behavior kalo minggu pertama ngomongin ibadah, minggu kedua bukber, minggu ketiga mudik )

Perilaku pembelian di bulan Ramadhan meningkat drastis .. jadi  ya "Berkah Ramadhan"

Weight management ? Health supplement ? Itu point penting juga saat ramadhan..

Jika Anda memiliki produk di kategori tersebut jangan lupa untuk segera manfaatkan fase ramadhan ini..

Banyak juga orang menyimpan  THR untuk persiapan "Tabungan Haji/Umroh" jadi bagi Anda pemilik travel umroh dll, sudah tau kan keypoint dan angle yang tepat ?

A lot of discussion about movies, or new hobbies..

Banyak orang memang mengawali kebiasaan baru di Ramadhan ini, tidak hanya Anda bisa merubah pandangan orang tentang bagaimana dia menginginkan produk menjadi sebuah kebutuhan tp di ramadhan juga bisa merubah kebiasaan komsumsi produk jadi bisnis seperti bit.ly/bisnisgantimerekyuk

Ayo yang belum memanfaatkan video disegerakan...

Kemudian Anda tidak pusing dengan template video karena begitu Anda klik link ini bit.ly/kepovideo Anda akan merasakan sangat bahagia karena telah menemukan cara yang sangat mudah membuat video promosi yang sangat menarik

Kenapa Video?

Karena aktivitas menonton akan lebih tinggi dari sebelumnya..

Spike grafiknya tinggi lho terutama saat idul fitri ...
2.8 X lebih banyak update status dengan video lhoo..

Sisilain dari Pihak Kantor Research, Membahas Growth perusahaan , terutama tentang behavior yang sangat cepat berubah...

"Kunci sukses saat ini adalah mengantisipasi perubahan behavior customer .."

Dan ini kalimat saya setuju banget, karena ada pengalaman penting ttg hal ini

Trend indonesia lebih banyak yg menggunakan metode price cutting , tp nyatanya konsumen jaman now, lebih mementingkan mendapatkan pengalaman baru lhoo..

Ayo di atur lagi strategi marketingnya.Dikelas Mentoring LSO April akan dikupas tuntas di sini http://bit.ly/kelasbisnisonlineapril

Relevance = affordable premium, custom offer, small, sku & omni channel

31% growth lho.. dr 2015 ke 2017 penetrasi pengguna internet di indonesia

Inti materinya "video penting" dah gitu deh..

Penting juga menggunakan placement insta story ,karena indonesia tertinggi pengguna insta story lho

Creative thinks

Hint : yg tdnya buka mobile sehari 3 jam 27 pas ramadhan naik jadi 4 jam 20 menit !!

Tv works better with facebook..
Karena bisa meningkatkan  komunikasi dan pesan yg di sampaikan bisa lebih baik

Siapa yg disini masih patokan metrik di facebook masih click atau CTR ? Bertaubatlah

Karena tak ada korelasi antara click dan jumlah konversi lhoo

Ramadhan on Fb & instagram Lipat GANDAKAN OMSET untuk bekal Lebaran

Siap? 

Klik di sini http://bit.ly/kelasbisnisonlineapril

Salam Hangat Penuh Cinta Kasih

@Jotrii

Network Buillder,Digital Marketer & Neuro Linguistic Programming